suplemenGKI.com

SESUAI

Yesaya 50:4-9a

 

Pengantar
Seorang koki akan meracik bumbu dan bahan makanan sesuai dengan takaran yang diperlukan agar dapat menghasilkan karya masakan yang lezat. Apabila ada komposisi bumbu, seperti garam atau gula yang melebihi takaran pasti rasa yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dalam kehidupan beriman, Tuhan merancang kita sesuai dengan kehendak-Nya. Yesaya mengantar kita agar kita semakin memahami cara kita untuk menghadirkan diri di tengah kehidupan saat ini agar kita pun semakin sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan.

Pemahaman

  • Ayat 4-6               : Bagaimana perilaku seorang murid Tuhan?
  • Ayat 7-9a             : Bagaimana cara Yesaya mengarahkan dirinya untuk Tuhan?

Dalam tugas panggilannya, Yesaya menyiapkan bangsa Israel untuk menghadapi hari-hari mendatang yang penuh dengan tekanan sebab mereka berhadapan dengan kehidupan yang penuh pergolakan. Yesaya, dalam tugas kenabiannya mejalankan perintah Tuhan untuk mengarahkan bangsa Israel agar menjalankan kehidupan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Yesaya menekankan bahwa untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan adalah dengan menggunakan kesempatan-kesempatan yang ada di dalam kehidupan untuk selalu terarah kepada Tuhan. Ada berbagai tekanan yang dihadapi oleh bangsa Israel. Mulai dari penjajahan Babel sampai dorongan untuk meninggalkan Tuhan dan menyembah berhala menjadi tantangan mereka pada saat itu. Yesaya menyampaikan Firman-Nya dengan cara yang sederhana.

Yesaya menggunakan ungkapan orang pertama “aku” untuk menunjukkan kedekatannya dengan Tuhan. Di samping itu, kata “aku” juga memudahkan orang-orang Israel untuk merenungkan kehidupan dan relasinya dengan Tuhan. Secara jelas, Yesaya juga menyebutkan bahwa Tuhan Allah yang memberikan kepadanya kemampuan untuk menggunakan indera sesuai dengan apa yang dikehendaki Tuhan, yaitu untuk mengenal setiap maksud Tuhan di dalam kehidupan.

Yesaya mengungkapkan agar setiap orang memiliki “lidah seorang murid” (ayat 4), yaitu kemampuan untuk mengatur perkataan yang keluar dari mulut. Lidah dipakai untuk memberi semangat baru kepada yang letih lesu. Yesaya juga mengajak pendengarnya untuk dapat “mendengar seperti seorang murid”, yang maksudnya adalah untuk dapat berfokus mendengarkan ajaran-ajaran Tuhan. Yesaya juga menyampaikan bahwa Tuhan Allah membuka telinga setiap orang agar tidak memberontak dan kembali mundur ke jalan yang tidak tepat. Umat Tuhan diajak untuk tidak membalas kejahatan yang mereka terima, tetapi justru melakukan tindakan kasih.

Yesaya juga merefleksikan bahwa Tuhan Allah selalu menolongnya, sehingga ia semakin teguh dalam menyatakan kebenaran dalam tugas panggilan kenabiannya. Kehadiran Tuhan di dalam kehidupan membuatnya semakin kokoh melangkah dan bertumbuh dalam iman karena ia sadar bahwa Tuhan selalu bersamanya dan selalu menolongnya menghadapi berbagai situasi yang sulit sekalipun.

Refleksi
Sama seperti Yesaya, Tuhan juga memberikan kepada kita lidah dan telinga seorang murid, sehingga kita dimampukan untuk semakin pandai dalam berkata-kata sesuai dengan Firman-Nya dan terus rindu untuk mendengarkan suara-Nya. Dengan demikian, kita tidak hanya hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, tetapi kita mampu bertahan sebagai saksi-Nya di tengah dunia walau berhadapan dengan tantangan yang sulit. Iman kita semakin teguh dan hidup dalam Tuhan semakin kokoh dan utuh. 

Tekadku
Tuhan, berikanlah kami kesempatan untuk mengasah kemampuan kami dalam memakai lidah kami untuk menyampaikan kebenaran, dan mengasah pendengaran kami agar semakin tajam dan mengerti setiap maksud-Mu.

Tindakanku
Saya akan mengurangi pemakaian kata-kata kasar dan tidak tepat yang selama ini saya gunakan sehingga menyakiti hati orang lain, sebagai komitmen saya untuk melatih kebiasaan dengan menggunakan “lidah seorang murid”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«