suplemenGKI.com

Kamis, 9 Maret 2017

08/03/2017

Cukup Dengan Iman

Roma 4:13-17

 

Pengantar
Perjanjian umumnya dilakukan oleh dua belah pihak, ada pihak yang memberi janji serta berkewajiban memenuhi janji itu dan ada pihak yang menerima pemenuhan janji.  Dalam naskah perjanjian, biasanya ada ketentuan-ketentuan yang harus ditaati. Ketika salah satu pihak lalai di dalam memenuhi ketentuan tersebut, maka perjanjian tersebut dapat dibatalkan. Jadi, dalam hal ini kedua belah pihak bersifat aktif. Namun hal ini berbeda dengan Perjanjian yang ALLAH nyatakan kepada umat-Nya. ALLAH menjadi pihak aktif membuat janji dan yang selalumemenuhi janji kepada umat-Nya. Inilah yang dinamakan anugerah.

Pemahaman

  • Ayat 13-15: Bagaimana iman menjadi sesuatu yang lebih besar daripada hukum Taurat?
  • Ayat 16-17: Bagaimana kaitan iman dan pemenuhan janji?

ALLAH tidak pernah melalaikan apa yang sudah Ia janjikan. Abraham merupakan orang yang senantiasa menaruh percayanya kepada apa yang ALLAH janjikan. Ketika Allah berjanji akan menjadikan Abraham sebagai bapa atas banyak bangsa, maka sesungguhnya ALLAH yang berinisiatif dan aktif memenuhi apa yang Ia janjikan.

Bila demikan, sesungguhnya yang dirindukan oleh ALLAH adalah seberapa besar kita percaya kepada-Nya. Tidak jarang kita merasa tidak sabar ingin melihat janji ALLAH dinyatakan di dalam hidup kita, padahal ALLAH tentu merancang waktu yang tepat untuk memenuhi janji-Nya. Kita perlu bersabar dan menunggu kapan waktu tepat yang ALLAH  nyatakan.

ALLAH selalu memberi anugerah keselamatan pada manusia sekalipun manusia jatuh dalam dosa. ALLAH tahu bahwa manusia jauh dari sempurna. Hukum Taurat tidak membuat manusia menjadi sempurna. Oleh karenanya manusia tak dapat diselamatkan oleh hukum Taurat. ALLAH tidak memenuhi janji-Nya yang menyelamatkan melalui hukum Taurat sebab tidak ada satu pun manusia yang bisa 100% melakukan  hukum Taurat.

Refleksi
Berjalan kakilah sejauh mungkin, seberapa kuat Anda bertahan? Kekuatan Anda yang terbatas membuat Anda akan mudah lelah. Renungkanlah seberapa jauh Anda bertahan ketika Anda sibuk meraih janji TUHAN dengan segala kekuatan Anda?

Tekadku
TUHAN, mampukan aku untuk bisa dengan setia menantikan janji TUHAN di dalam hidupku.

Tindakanku
Daftarkanlah apa yang telah TUHAN lakukan dalam hidup Anda, di sana Anda akan melihat bahwa itu semua adalah karena kesetiaan janji TUHAN dan bukan sekedar karena apa yang Anda perbuat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«