suplemenGKI.com

Kamis, 9 Juli 2015.

08/07/2015

Bacaan : Efesus 1 : 5-6.

“DIANGKAT  MENJADI ANAK-ANAK ALLAH”

PENGANTAR
Salah satu gambaran yang sering digunakan untuk melukiskan tindakan Allah bagi manusia ialahgambaran mengenai pengangkatan anak atau adopsi. Dalam hukum Romawi menjelaskan bahwa keberadaan keluarga didasarkan apa yang disebut patria potetas atau kuasa ayah. Ayah berkuasa mutlak atas anak-anaknya dan ini berlaku sepanjang hidup si anak.

PEMAHAMAN.

  1. Apa rencana Allah bagi orang-orang yang dipilihNya ? ( ayat 5 )
  2. Apa tujuan dari pengangkatan orang-orang percaya menjadi anak-anak Allah ? ( ayat 6 ).

Rencana Allah bagi umatNya pasti indah. Mengapa demikian ? coba kita pikirkan ! seandainya kita adalah orang biasa-biasa saja, tidak memiliki kelebihan atau keistimewaan sama sekali, lalu ada seorang pejabat setingkat presiden atau sultan mengangkat kita menjadi anak angkatnya, sehingga posisi kita sama dengan anak-anak presiden atau sultan yang lainnya. Betapa senang dan beruntungnya kita, karena posisi tersebut. Itulah yang sebenarnya terjadi dalam diri umat  percaya. Tuhan Allah memiliki rencana yang indah bagi umat percaya yaitu mengangkat umat percaya menjadi anak-anakNya (Adopsi).  Dalam hukum Romawi proses pengangkatan anak dilakukan melalui upacara. Upacara dilakukan dengan jual beli secara simbolis dengan menggunakan benda-benda perunggu dan sisik-sisik ikan. Dua kali ayah kandung menjual anaknya dan membelinya kembali dan pada jual beli yang ketiga anak tersebut tidak ditebusnya. Kemudian ayah angkatnya membawa anak angkatnya kepada seorang praetor atau pejabat kehakiman Romawi untuk mensyahkan adopsi tersebut sehingga proses adopsi telah berjalan dengan sempurna. Si anak angkat kini memperoleh segala hak sebagai anak yang sah  dalam keluarga yang baru dan sekaligus kehilangan segala haknya dalam keluarganya yang lama.

Itulah juga yang dilakukan Allah bagi kita. Secara mutlak dahulu kita ada dibawah kuasa dosa dan kuasa dunia. Tetapi Allah, didalam Yesus Kristus telah mengangkat kita keluar dari kuasa itu dan menempatkan kita dibawah kuasaNya. Kita telah diangkat anak oleh Allah. Tindakan pengangkatan itu telah menghapuskan segala masa lalu kita dan menjadikan kita baru sama sekali.  Itulah kasih karunia Allah yang luar biasa yang dianugerahkan kepada kita. Terpujilah Tuhan kita Yesus Kristus. Amin.

REFLEKSI.
Renungkanlah ! apa yang akan saudara lakukan kepada Allah karena Dia mengangkat saudara menjadi anak-anakNya.

TEKADKU.
Ya Tuhan Yesus, trimakasih karena Engkau telah mengangkatku menjadi anakMu.

TINDAKANKU.
Saya akan selalu bersyukur atas anugerahNya yang besar ! saya akan memberikan hidup saya untuk kemuliaanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«