suplemenGKI.com

Mencari Yang Terhilang

 

Lukas 15:1-10

 

Pengantar
Banyak orang mempunyai barang kesayangannya masing-masing, ada yang senang boneka, tas sekolah, kotak pensil, jepit rambut dll. Bagi mereka yang mempunyai barang kesayangan pastilah barang itu akan diperhatikan dan dijaga dengan baik, bahkan banyak dari mereka malah memperbanyak barang yang dimilikinya dengan berbagai macam variasinya. Mereka akan menyimpan barang tersebut ditempat yang baik dan memeliharanya dengan baik, kalau ada yang hilang pasti barang tersebut akan di cari kembali. Bagaimana Yesus memperlakukan umat-Nya yang terhilang?

Pemahaman

Ay 1-2, Siapa yang paling senang dengan ajaran Tuhan Yesus, dan siapa yang paling bersungut-sungut?

Ay 3-7, Apa yang ingin Tuhan Yesus sampaikan melalui cerita anak domba yang hilang?

Ay 8-10, Apa yang ingin Tuhan Yesus sampaikan melalui cerita tentang Dirham yang hilang?

Kehadiran Yesus sangat dinanti-nantikan banyak orang, sehingga ketika mereka berjumpa dengan Yesus maka mereka rindu mendengarkan pengajaran-Nya. Bagi Yesus yang terpenting semakin banyakorang yang mendengarkan Dia semakin baik. Maka banyaknya orang yang ingin mendengar Dia, berarti banyak pula keberagaman orang yang ada, baik itu pejabat atau orang biasa. Yesus tidak memandang bulu untuk berjumpa dengan semua manusia.

Orang-orang yang pernah terpojokkan karena dianggap sebagai orang berdosa sangat senang berjumpa dengan Tuhan Yesus karena mereka diterima baik, sehingga Yesus sering kali berjumpa dengan mereka. Melihat sikap Yesus yang mau menerima pemungut cukai dan orang berdosa, orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada Yesus.

Yesus yang mengetahui hal tersebut maka Yesus memberikan illustrasi tentang domba yang hilang. Pemiliki dari domba-domba tersebut berusaha mencari satu domba yang hilang, dan jika ia menemukan domba yang hilang tersebut,maka ia bersuka cita bersama-sama dengan teman-temannya.

Yesus juga memberikan illustrasi tentang dirham yang hilang, maka pemiliknya mencari sampai ketemu dan jikalau ketemu ia juga bersuka-cita dengan teman-temannya. Baik domba yang hilang maupun dirham yang hilang, sang pemilik mencarinya bersungguh-sungguh. Mereka akan bersuka-cita dengan teman dan sahabatnya mana kala yang hilang ditemukan.

Yesus ingin mengajarkan kepada orang banyak, kalau manusia mencari barang kesayangannya dan sangat bersuka-cita kala menemukannya demikian juga Yesus bersuka-cita kalau ada orang yang berdosa bertobat. Yesus tetap menganggap orang yang berdosa sebagai umat-Nya, dan Yesus rindu orang yang berdosa kembali ke jalan yang benar.

Refleksi
Renungkanlah: Bagaimanakah sikap kita terhadap orang-orang yang dianggap “tersisih”? Sudikah kita dipakai oleh Tuhan untuk mengembalikan mereka ke jalan Tuhan?

Tekad
Ya, Tuhan, sering kali kami, menganggap diri lebih baik dibandingkan dengan orang lain, bahkan kami juga menganggap diri kami benar di hadapanMu. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini saya harus berpikir bahwa semua orang berharga di mata Tuhan, maka saya akan memperlakukan orang yang saya jumpai dengan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«