suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Korintus 4 : 1-6

Dari dalam gelap akan terbit terang

PENGANTAR
Kita bersyukur kepada Tuhan, karena kita diberi keistimewaan untuk percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, Allah Yang Mahamulia.
Kemuliaan-Nya itu telah dinyatakan melalui terang-Nya yang bercahaya dalam kegelapan.
Dan sebagai umat percaya kitapun sebenarnya telah memiliki terang Allah, karena kita telah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Namun, apakah kita benar-benar telah menjadi terang di tengah-tengah kegelapan hidup umat manusia ? renungan kita hari ini akan menjelaskan dengan baik.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana rasul Paulus menggambarkan orang-orang yang menolak pemberitaan Injil Kristus ? ( ayat 2-4 )
  2. Bagaimana rasul Paulus menggambarkan : tentang Injil Kristus; tentang orang yang menerima pemberitaan Injil Kristus ? ( ayat 5-6 )
  3. Bagaimana seharusnya sikap orang kristen ?

Dalam pengalaman rasul Paulus dalam memberitakan Injil, ternyata ada yang menerima tetapi ada juga yang menolak. Rasul Pauluspun memberi tanggapan terhadap pemberitaan Injil yang telah disampaikan. Rasul Paulus mengatakan, “jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup juga untuk mereka yang akan binasa”. Artinya adalah bahwa penolakan terhadap Injil Kristus merupakan fakta kegelapan yang menyelimuti hati manusia. Illah jaman ini telah membutakan pikiran mereka dalam melihat kemuliaan Allah/Injil Kristus. Mata rohani mereka diselubungi oleh illah jaman ini yang dikuasai oleh iblis yang ujung-ujungnya akan membawa kepada kebinasaan.

Lalu bagaimana dengan kita yang menyambut Injil Kristus ? sesungguhnya mata rohani setiap orang telah dibutakan oleh illah jaman ini. Namun Injil Kristus yang merupakan cahaya kemuliaan Allah dapat membuka selubung yang menutupi mata rohani kita ketika kita merespon pemberitaan Injil Kristus. Terang Injil Kristus yang bercahaya itu akan menebus setiap selubung yang menutupi mata hati kita. Selama kita menerima Kristus bercahaya atas hidup kita maka dalam hidup kita akan terbit terang Kristus yang membawa berkat. Tepat seperti yang diungkapkan Firman Tuhan, “dari dalam gelap akan terbit terang”. Selama kita menerima Kristus bercahaya dalam hidup kita maka kita adalah anak-anak terang. Kristus akan menjadi penerang kehidupan kita agar kita hidup dalam kebenaran. Betapapun gelapnya dunia ini dengan godaan-godaan yang di tumpangi oleh illah jaman ini, namun terang Kristus akan tetap bersinar menuntun jalan hidup kita. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak : walaupun saudara adalah orang Kristen namun apakah saudara telah membuka mata hati saudara terhadap Injil Kristus ? sudahkah saudara menjadi terang dalam kehidupan di tengah-tengah keluarga ? pekerjaan atau lingkungan dimana saudara berada ?

TEKADKU
Ya Tuhan ! ada banyak hal yang menyelubungi mata hatiku sehingga terang Kristus kurang maksimal menerangi hidupku. Bukalah setiap selubung tersebut.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus menjadi terang di tengah-tengah keluarga, pekerjaan dan lingkungan dimana saya berada.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«