suplemenGKI.com

Kamis, 8 Juli 2010

07/07/2010

Kolose 1 : 1 – 5.

IMAN DAN KASIH.

Dengan sangat jelas Paulus menyebut dirinya sebagai rasul Yesus Kristus untuk menyatakan identitasnya bagi seorang hamba Tuhan yang turut memperhatikan jemaat Tuhan di Kolose. Paulus sendiri mungkin belum pernah ke Kolose namun Paulus mendengar tentang keberadaan jemaat di Kolose ( ayat  4 ). Waluapun demikian dengan setia Paulus berdoa untuk jemaat Kolose ( ayat 3 ). Berita yang baik tentang jemaat Kolose mungkin berasal dari Epafras ( ayat 7 ) yang diyakini sebagai pelayan jemaat Kolose. Untuk itu kita akan mengenal tentang  Iman jemaat Kolose dan Kasihnya untuk membangun pelayanan.

  1. Ayat 3 Bagaimana sikap rasul Paulus ketika mendengar keadaan jemaat Kolose ?
  2. Ayat  4 Apa yang Paulus dengar tentang jemaat Kolose ?
  3. Ayat 5 Bagaimana Injil dapat mempengarui kehidupan jemaat Kolose ?

Renungan.

Ketika rasul Paulus mendengar berita yang indah dan baik tentang jemaat Kolose maka yang Paulus  ucapkan adalah menaikkanucapan syukur  kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memelihara gerejanya. Betapa bangganya seorang pelayan Tuhan atau hamba Tuhan ketika mendengar kehidupan jemaat yang yang dewasa secara iman dan pelayanan ( kasih ), sehingga kehidupan jemaat tersebut menjadi berkat bagi jemaat lain. Apa yang Paulus dengar tentang jemaat Kolose ?

  1. Imannya kepada Kristus Yesus. ( ayat 4 )

Iman merupakan dasar bagi kehidupan sebuah jemaat. Iman yang kuat dapat berpengaruh kuat bagi pertumbuhan danperkembangan sebuah jemaat, terutama ketika menghadapi banyak persoalan yang mengancam keberadaan gereja. Jemaat Kolose saat itu sedang menhadapi tantangan dari aliran Gnostic yang menyesatkan dan membingungkan. Ditengah-tengah kebingungan itu diperlukan iman yang kuat kepada Tuhan Yesus Kristus.

  1. Kasih kepada semua orang kudus ( orang percaya/jemaat Kristen ).

Kasih kepada sesama adalah bukti yang konkrit dari iman kepada Yesus Kristus  atau tindakan dari iman. Kasih kepada sesama/saudara seiman menjadi rantai/tali pengikat dalam kehidupan bersama dalam sebuah jemaat, dan semua jemaat Tuhan memerlukannya.

Iman dan Kasih merupakan dua sisi yang harus ada dalam kehidupan Kristen. Orang Kristen harus memiliki iman, ia harus mengenal apa yang ia percayai. Namun ia juga harus mempunyai  kasih terhadap sesama manusia, ia harus menjalankan kepercayaannya dalam perbuatan. Orang Kristen mempunyai komitmen ganda yaitu komitmen kepada Kristus dan komitmen kepada sesama manusia. Iman kepada Kristus dan kasih kepada sesama merupakan dua pilar kembar dalam kehidupan Kristen.

Kita harus memiliki iman yang kuat/kokoh kepada Tuhan Yesus Kristus tapi kita juga harus memiliki kasih yang tulus kepada sesama, sehingga kita dapat menjadi jemaat yang dewasa, bertumbuh dan berkembang. Bagaimana dengan anda ? apakah anda memiliki iman yang kuat kepada Tuhan Yesus Kristus ? dan apakah anda sudah menyatakan atau membuktikan iman anda dengan mengasihi sesame manusia ? jika sudah mari kita tingkatkan, tapi jika belum mari kita mulai sekarang. Amin.

“Iman dan Kasih menjadi dua pilar kembar dalam kehidupan Kristen,untuk itu kita harus memilikinya”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«