suplemenGKI.com

Kamis, 8 April 2021

07/04/2021

Percaya Kuasa Tuhan

Daniel 2:1-23

 

Pengantar
                Setiap manusia pasti pernah mengalami kondisi baik atau buruk. Namun kondisi seseorang tidak dapat dibanding-bandingkan satu dengan yang lain, karena ini berkaitan dengan daya tahan seseorang terhadap permasalahan yang sedang dihadapi juga berbeda-beda. Namun pernahkah saudara mengalami kondisi yang kritis dalam hidup ini? Antara kehidupan dan kematian. Bagaimana Daniel menghadapi hal ini?

Pemahaman
Ay 1-3, Apa yang sedang dialami oleh Nebukadnezar dan apa yang dilakukan terhadap orang-orang berilmu, ahli jampi dan ahli sihir serta orang Kasdim?
Ay 4-9,  Apa yang menjadi dialog antara raja Nebukadnezar dan para Kasdim?
Ay 10-12, Apa yang menjadi jawaban orang Kasdim sehingga raja Nebukadnezar menjadi marah?
Ay 13-18, Apa yang didengar oleh Daniel dan apa yang Daniel lakukan setelah mendengar berita itu?
Ay 19-23, Apa yang Tuhan lakukan buat Daniel dan rekan-rekannya?

Raja Nebukadnezar bermimpi dan membuat hatinya gelisah dan tidak dapat tidur dengan tenang, sehingga ia minta orang-orang berilmu, ahli jampi, ahli sihir dan orang-orang Kasdim untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Raja Nebukadnezar menceritakan kepada mereka bahwa ia telah bermimpi dan ingin mengetahui arti mimpinya tersebut. Namun rupanya Raja Nebukadnezar tidak ingin menceritakan mimpinya, justru sebaliknya raja Nebukadnezar ingin tahu apakah mereka semua tahu mimpi dan mengerti arti mimpi raja tersebut? Orang-orang Kasdim minta raja Nebukadnezar menceritakan mimpinya terlebih dahulu supaya mereka dapat memberi arti mimpinya. Namun raja Nebukadnezar malah menjadi marah dan akan menghukum mereka semua kalau mereka tidak dapat tahu dan mengerti arti mimpinya tersebut.

Akhirnya raja Nebukadnezar memberikan titah untuk membunuh semua orang-orang bijaksana, termasuk Daniel dan teman-temannya.

Mendengar ancaman raja Nebukadnezar, Daniel memberanikan diri untuk menghadap raja dan minta waktu untuk mengetahui mimpi dan arti dari mimpi raja tersebut. Maka segeralah Daniel bertemu dengan rekan-rekannya dan memohon belas kasih dari Tuhan untuk mereka dapat menceritakan dan menafsirkan mimpi tersebut, supaya mereka juga tidak turut dibinasakan oleh raja.

Maka Tuhan menyingkapkan rahasia itu kepada Daniel dalam suatu penglihatan di malam hari. Maka Daniel langsung memuji Tuhan dan membesarkan nama Tuhan yang telah memberikan hikmat dan kekuatan kepadanya. Daniel sadar bahwa ini perkara yang sangat sulit sekali di dalam hidupnya namun Daniel dan teman-temannya percaya pada kuasa Tuhan yang dapat menolong  menghadapi persoalan ini.

Refleksi
Renungkan beberapa menit: Dalam menghadapi persoalan hidup yang berat ini, masihkah kita berharap pada kuasa Tuhan untuk menolongnya?

Tekadku
Ya Tuhan, ampunilah kami kalau kami angkuh dan mengandalkan diri kami dalam menghadapi persoalan hidup kami. Perbaharuilah hidup kami ya Tuhan, demi Kristus kami berdoa. Amin

Tindakanku
Mulai saat ini ketika saya menghadapi pergumulan hidup mau terus melibatkan Tuhan dalam penyelesaiannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«