suplemenGKI.com

Kamis, 7 Oktober 2010

06/10/2010

Mazmur 111 : 2 – 10

MENGAPA KITA MENGUCAP SYUKUR

(Bagian dua)

Kemarin kita merenungkan Bagaimana seharusnya kita mengucap syukur. Dan hari ini kita akan merenungkan mengapa kita mengucap syukur ? sudah barang tentu ada banyak alasan mengapa kita kok mengucap syukur. Mari kita belajar dari pengalaman pemazmur.

Pertanyaan pendalaman.

  1. Mengapa kita perlu mengucap syukur kepada Tuhan ? ( ayat 2-10 ).

Renungan.

Dalam bacaan kita hari ini ada beberapa alasan mengapa orang percaya perlu mengucap syukur kepada Tuhan.

Pertama : Karena perbuatan-perbuatan Allah yang Ajaib. Ayat 2-4.

Bagi pemazmur perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib sangat dipahami dan telah dialami. Juga seluruh bangsa Israel pasti sangat memahami akan samua perbuatan Allah yang Ajaib. Hal itu mengajarkan kepada kita agar kita semakin percaya kepada Tuhan. Akan tetapi juga mengingatkan kepada kita supaya kita tidak lalai kepada Tuhan.

Kedua : karena Tuhan yang memberi rejeki kepada kita. (ayat 5).

Tuhan adalah sumber berkat, Ia yang memberkati setiap orang yang hidupnya berharap dan bersandar kepadaNya.  Pengertian ini hendak mengajarkan kepada kita bahwa dalam segala usaha dan pekerjaan kita seharusnya perlu memohon berkat Tuhan supaya berhasil. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha dengan maksimal sambil memohon berkat Tuhan, dan bagian Tuhan adalah memberkati pekerjaan kita, tapi setelah Tuhan memberkati jangan lupa bersyukur kepada Tuhan.

Ketiga : karena Tuhan setia pada perjanjianNya. (ayat 5b – 6)

Sebagaimana Tuhan mengikat perjanjian dengan Abraham, Ishak dan Yakub untuk menjadikan mereka umat pilihanNya, dan Tuhan selalu setia akan perjanjian itu. Tuhan juga  berjanji kepada kita orang-orang percaya melalui Yesus Kristus di angkat menjadi anak-anak Allah yang berhak menjadi ahli waris kerajaan Sorga. Mengingat itu adalah anugerah Allah yang besar maka kita harus selalu mengucap syukur.

Keempat : karena Tuhan adalah Adil, Benar, dan memberi kebebasan. ( ayat 7 – 9 ).

Pemazmur memiliki pengalaman pribadi yang dalam ketika merasakan keAdilan Tuhan, kebenaranNya bahkan ketika Tuhan memberi pembebasan dari segala belenggu dosa yang ia lakukan. Setiap orang pasti mengalami keadilan Tuhan bahkan yang paling pribadi adalah Tuhan telah memberi pembebasan kepada kita atas segala dosa dan kesalahan kita. Untuk itu kita diajak untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas setiap karyaNya bagi kita. Marilah kita belajar menjalani kehidupan ini dengan ucapan syukur. Amin.

“Dengan mengucap syukur kita sedang belajar menjadi orang Kristen yang tahu diri”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«