suplemenGKI.com

Kamis, 7 Mei 2015

06/05/2015

KESETIAAN PADA TUHAN

Ulangan 32:44-47

 

Pengantar
Nasihat terakhir dari seseorang biasanya menjadi nasihat yang cukup ampuh bagi orang yang akan ditinggalkan selama-lamanya, bahkan tidak jarang orang berusaha untuk memenuhi janjinya yang telah diucapkan pada waktu itu. Musa yang penuh dengan pengalaman hidup memberikan nasihat terakhirnya kepada bangsa Israel yang akan memasuki tanah perjanjian, terutama pengalaman hidup bersama Tuhan.   

Pemahaman

Ay 44-45, Apa yang dilakukan Musa bersama dengan Yosua di hadapan bangsa Israel?

Ay 46, Apa yang dinasihatkan Musa kepada bangsa Israel?

Ay 47, Apa janji yang diberikan Tuhan kepada bangsa Israel melalui Musa?

Pada perikop sebelumnya Musa menyampaikan pujiannya kepada Tuhan, Musa mengingatkan kepada bangsa Israel bahwa Tuhan itu patut dihormati, karena segala perkerjaanNya sempurna. Segala jalan Allah adalah adil, setia dan benar, oleh sebab itu umat mesti berlaku sesuai dengan kehendak Tuhan. Musa mengungkapkan betapa Tuhan itu mengasihi umat pilihanNya seperti biji mataNya, karena Tuhan selalu mengelilingi, mengawasi dan menjaga umatNya.

Maka Musa sekali lagi mengingatkan kepada bangsa Israel untuk mengingat-ingat perkataan yang telah diberikannya kepada mereka. Bahkan Musa mewajibkan umatNya untuk menjaga Taurat Tuhan dengan setia, dan diteruskan kepada anak cucu mereka.

Musa mengajak umat Tuhan untuk tidak memandang remeh Taurat Tuhan, namun justru menghidupi segala perintahNya dalam kehidupan kini maupun masa depan. Tuhan berjanji barang siapa berlaku setia terhadap Taurat Tuhan maka ia akan lanjut umurnya di bumi ini dan akan berhasil dalam hidupnya.

Refleksi
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan:  seberapa besar kasih Allah yang kita rasakan menyertai langkah hidup kita? Apakah kita setia kepada Firman Tuhan dan menjalankannya?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, sering kali kami menuntut Tuhan untuk setia dengan kami, serta membuat perjalanan hidup kami berhasil, namun kami lupa mengintrospeksi apakah kami ini sudah setia kepadaMu atau bahkan kami telah jauh meninggalkanMu? Ampuni kami Tuhan kalau kami kedapatan kurang setia kepadaMu. Tolong dan bantu kami untuk lebih setia dan berani menjalankan FirmanMu dalam hidup ini. Amin.

Tindakan
Hari ini saya akan melakukan tindakan setia dengan Tuhan, yang akan saya wujudkan dengan setia beribadah, setia membaca FirmanNya dan setia berdoa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*