suplemenGKI.com

Kamis, 7 Maret 2019

07/03/2019

RASA AMAN RAHASIA

Mazmur 91:1-16

 

Pengantar
Rasa aman adalah prioritas yang dicari di tengah-tengah dunia yang penuh dengan kejahatan dan tindak kriminal ini. Aman dari gangguan dan bahaya (bencana, kecelakaan, sakit penyakit, pencuri, penjahat, ekonomi, dsb). Oleh sebab itu, ada banyak orang yang berusaha melakukan berbagai cara untuk mendapatkan rasa aman itu. Bagaimanakah seharusnya kita sebagai orang-orang percaya harus menjalani hidup yang tidak aman ini?

Pemahaman

  • Ayat 1-2 : Apakah yang menjadi keyakinan pemazmur dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan rintangan? Ada berapa Nama atau gelar Allah dalam ayat ini? Apakah arti dari nama-nama itu?
  • Ayat 3-8 : Perlindungan apa sajakah yang diberikan oleh Allah kepada umat-Nya?
  • Ayat 14-16: Bagaimana respon Allah setelah pemazmur menyatakan keyakinannya?

Pada bagian ini pemazmur menawarkan keamanan bagi anak-anak Allah, yaitu mereka yang menyerahkan diri mereka pada kehendak dan perlindungan Yang Mahakuasa dan setiap hari berusaha hidup berkenan di hadapan-Nya. Keempat Nama untuk Allah dalam mazmur ini melukiskan aspek-aspek yang berbeda dari perlindungan-Nya. 1) “Yang Mahatinggi” menunjukkan bahwa Ia lebih besar daripada ancaman apa saja yang kita hadapi. 2) “Yang Mahakuasa” menekankan kuasa-Nya untuk menghadapi dan membinasakan musuh. 3) “Tuhan” meyakinkan kita bahwa kehadiran-Nya senantiasa bersama dengan kita dan 4) “Allahku” mengungkapkan kebenaran bahwa Allah telah memilih untuk bergaul secara intim dengan mereka yang mengandalkan-Nya.

Ayat 3-8 menjelaskan bahwa, jika umat mengandalkan hidup sepenuhnya kepada Allah, maka Allah akan menjamin kehidupannya aman dari segala sesuatu: dari bahaya, sakit penyakit, dari gelapnya malam, musuh, dan segala rintangan.

Setelah pemazmur menyatakan imannya pada Allah bahwa Tuhan adalah tempat perlindungan yang aman, ayat 14-16 merupakan respons jaminan keamanan dari kepercayaan yang ditunjukkan dalam ayat-ayat sebelumnya, karena hati yang sepenuhnya mencintai Allah. Maka Allah akan memberikan kasih setia-Nya kepada mereka yang berseru kepada-Nya. Muncul 7 kali Frasa “Aku akan…” menunjukkan suatu kepastian yang amat teguh, bahwa Allah pasti menjawab doa setiap umat-Nya yang berseru kepada-Nya. 

Refleksi
Renungkanlah: Ketika badai kehidupan: masalah dan pergumulan menerpa hidup Saudara, siapakah yang menjadi tempat pelindungan saudara? Apa yang saudara lakukan untuk mendapatkan rasa aman dan damai sejahtera?

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya untuk tetap bisa mengandalkan-Mu dalam setiap pergumulan dan masalah yang saya hadapi dengan terus berseru dan setia meminta perlindungan dari-Mu.

Tindakanku
Saya akan berusaha semakin dekat dengan Tuhan melalui doa dan saat teduh membaca firman-Nya, supaya saya bisa menghadapi pergumulan yg datang menghampiri dengan sikap yang benar, tidak mencari rasa aman yang instan dengan melakukan sesuatu yang tidak berkenan di hadapan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«