suplemenGKI.com

Kamis, 7 Juli 2011.

06/07/2011

Matius : 8-9 ; 23.

FIRMAN TUHAN DAN HATI MANUSIA [bagian 4 ].

Pada waktu saya masih kecil, para petani tidak banyak menggantungkan kesuburan tanahnya kepada pupuk kimia, boleh dibilang waktu itu tanah pertanian masih subur. Biasanya setelah panin terakhir pada bulan juni, maka ladang langsung dikeringkan dan dikasih pupuk kandang. Hal itu dikerjakan selama musim kemarau. Dan ketika musim hujan tiba, ladang langsung dibajak dan diolah untuk ditanami benih padi atau jagung. Disini kita dapat melihat proses mempersiapkan ladang sebelum ditanami, sehingga tanah menjadi subur.

Pertanyaan penuntun.

  1. Bagaimana mempersiapl, para petani tidak banyak menggantungkan kesuburan tanahnya kepada pupuk kimiakan hati kita agar kita siap ditanami oleh kebenaran Firman Tuhan ? [ayat 8 ]
  2. Bagaimana merawat benih yang sudah tumbuh ?
  3. Apa yang menjadi tujuan akhir dari si Penabur dengan tanamannya ?
  4. Pelajaran apa yang dapat kita petik dari perumpamaan ini ?

RENUNGAN.

Selama tiga hari berturut-turut kita sudah merenungkan tentang tiga tipe hati manusia. Dan sekarang kita akan merenungkan tipe hati yang ke empat yaitu hati yang baik atau tanah yang subur. Setiap orang mungkin dahulu memiliki tipe hati, di pinggir jalan, berbatu atau penuh semak duri, hal itu tidak menjadi masalah, yang penting adalah SEKARANG. Bagaimana kita bisa mempersiapkan hati kita sehingga menjadi hati yang baik, yang siap menjadi lahan bagi taburan Firman kehidupan. Pertama yang harus kita lakukan adalah : Jangan menganggap remeh Firman Tuhan, siapapun yang mengkotbahkan/membawakan. Kedua : buanglah setiap kekerasan hati dan pikiran saudara dari hati saudara, roh kritik yang menjatuhkan, atau sok tahu dan sok benar. Ketiga : buanglah segala macam kepahitan, luka batin, kekuatiran bahkan ketidak percayaan. Keempat : bukalah hati saudara bagi Roh Kudus agar berkarya dalam hidup saudara, dengan demikian hati saudara siap untuk ditabur Firman Tuhan.

 Firman Tuhan yang ditabur digambarkan dengan benih yang ditanam  di tanah yang subur dan akan tumbuh dengan subur pula. Tetapi jangan lupa bahwa sesubur apapun tanaman itu, akan tetap tumbuh rumput yang tidak kita harapkan. Oleh sebab itu dibutuhkan pemeliharaan terhadap tanaman yang sudah tumbuh subur, dengan mencabut setiap rumput yang tumbuh ( istilah dalam pertanian adalah matun ). Selain itu tanaman harus mendapat pupuk yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan subur, dan jangan biarkan ada hama yang menyerangnya ( ini termasuk perawatan ). Jika semua perawatan sudah dilakukan dengan baik dan benar maka petani tinggal menunggu besar dan berbuah. Sesungguhnya Firman Tuhan yang kita dengar juga seperti itu, kesiapan hati orang percaya yang terbuka bagi Roh Kudus berkarya merupakan ladang yang subur untuk bertumbuhnya Firman Tuhan. Akan tetapi Firman Tuhan itu perlu dirawat dengan baik. Bagaimana merawatnya ? merawatnya adalah dengan merenungkan dan melakukan  Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa itu perlu ? hal itu perlu karena dalam kenyataan hidup akan tumbuh/muncul tantangan, kesulitan yang tidak kita harapkan, bagaikan rumput yang tumbuh pada  tanaman. Tetapi dengan merenungkan kembali Firman Tuhan dan melakukannya kita dapat menghayati hidup ini dengan bersandar kepada kepada Tuhan.  

Kehidupan yang taat kepada Firman Tuhan dengan membuka hati kepada kuasa Roh Kudus dalam menjalani kehidupan ini akan menjadikan kita semakin mengerti akan kehendakNya dan hati kita akan siap untuk melaksanakan kehendak Allah. Dan Allah Roh Kudus akan membaharui kehidupan kita dan membentuk kehidupan kita agar kehidupan kita dapat berakar, bertumbuh dan berbuah. Hidup yang berbuah adalah tujuan akhir dari kekristenan yaitu menghasilkan buah yang sesuai dengan kehendak Allah. Bagaimana dengan saudara ? apakah hati saudara adalah bagaikan tanah yang subur ? apakah saudara termasuk orang Kristen yang berbuah ? jawabannya ada dalam diri saudara masing-masing. Amin.

 “Hati yang subur adalah hari yang sudah dibersihkan Tuhan dan siap bagi Roh Kudus berkarya”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«