suplemenGKI.com

Nama Tuhan Dimuliakan

2 Raj 5:1-15

 

Pengantar

Banyak orang berjuang untuk membuat namanya dikenal dan kalau bisa terkenal, baik melalui hal-hal yang wajar atau bahkan tidak wajar. Di jaman yang serba cepat dan canggih ini, orang juga tertarik untuk dapat dikenal oleh masyarakat dengan cepat juga. Mereka merekam kegiatannya dan disebarkan lewat medsos yang ada, kalau ditanggapi dan dikomentari oleh orang banyak maka akan jadi viral /terkenal. Dengan demikian maka tercapai cita-citanya untuk menjadi orang yang terkenal dan dikenal oleh masyarakat luas. Bagaimana orang yang melayani Tuhan? Apakah ia ingin menjadi terkenal atau Tuhan yang di kenal oleh orang banyak.

Pemahaman
Ay 1-3, Apa yang sedang terjadi pada Naaman, dan apa yang dinasihatkan oleh seorang anak perempuan Israel?
Ay 4-6, Apa yang dilakukan oleh Naaman dan raja Aram?
Ay 7 , Apa reaksi dari raja Israel ketika membaca surat dari raja Aram?
Ay 8, Apa reaksi dari nabi Elisa yang mengetahui bahwa raja Israel bersedih?
Ay 9-10, Apa yang dikatakan Elisa kepada Naaman?
Ay 11-14, Apa reaksi Naaman dan prajuritnya terhadap perintah nabi Elisa?
Ay 15, Apa yang dilakukan oleh Naaman, setelah tahu ia tahir?

Naaman adalah panglima kerajaan Aram, ia sangat disayangi oleh raja karena keberhasilannya dalam peperangan menghadapi musuh-musuh kerajaan Aram, termasuk Israel. Namun Naaman menderita sakit kusta, sehingga ia tidak dapat lagi memimpin peperangan.

Sakit kusta Naaman diketahui oleh seorang gadis yang ditawan oleh tentara Aram, gadis itu menasihatkan untuk Naaman pergi ke Israel mendatangi nabi Elisa di Samaria. Hal ini disambut baik oleh Naaman, sehingga ia meminta surat pengantar dari raja Aram untuk disampaikan pada raja Israel.

Namun reaksi raja Israel menjadi sedih atau berduka karena raja Aram meminta untuk menyembuhkan Naaman dari sakit kustanya. Bahkan raja Israel berpikir bahwa raja Aram sedang mencari gara-gara dengannya. Namun setelah hal ini didengar oleh Elisa, maka Elisa mempersilakan Naaman datang kepadaNya, supaya Naaman tahu bahwa di Israel ada nabi Tuhan.

Maka datanglah Naaman ke Samaria menjumpai Elisa, namun setibanya di sana Naaman disambut oleh bujangnya Elisa dan memerintahkan Naaman untuk mandi di sungai Yordan 7 kali.  Rupanya Naaman sangat kecewa ketika ia tidak dijumpai oleh Elisa sendiri bahkan ketika ia disuruh mandi di sungai Yordan. Bagi Naaman sungai Abana dan sungai Parpar jauh lebih baik dari semua sungai di Israel, sehingga ini yang membuat sedih Naaman. Naaman berpikir, paling tidak Elisa keluar menjumpainya dan memanggil-manggil Tuhannya serta menyentuh tubuh Naaman yang sakit kusta itu. Hampir saja Naaman menuruti kehendaknya sendiri yang tidak mau mandi di sungai Yordan, namun pegawai-pegawainya berhasil untuk membujuk Naaman sehingga ia setuju untuk mandi di sungai Yordan.

Akhirnya Naaman sembuh dari sakit kustanya dan ia menyatakan bahwa diseluruh bumi tidak ada Allah kecuali di Israel. Satu pengakuan yang luar biasa untuk memuliakan nama Tuhan.

Refleksi
Renungkan, kapan anda terakhir memuliakan nama Tuhan? Dari bacaan ini siapa saja yang memuliakan nama Tuhan, dan apa peran mereka?

Tekadku
Ya, Tuhan, ajarkanku untuk terus memuliakan nama-Mu bukan diriku sendiri. 

Tindakanku
Hari ini saya berpikir dan bertindak untuk memuliakan nama Tuhan melalui apa yang saja kerjakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«