suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Korintus 3 : 1 – 11

 

ORANG KRISTEN ADALAH SURAT KRISTUS

 

Pada zaman kuno, jikalau seseorang harus pergi ke suatu masyarakat yang tidak dikenal maka temannya yang mengenal seseorang didalam masyarakat tersebut akan memberinya surat pujian untuk memperkenalkan orang tersebut serta memberikan kesaksian mengenai kepribadiannya.

 

Pendalaman

  1. Mengapa jemaat Tuhan disebut sebagai surat pujian /surat Kristus ? [ayat 1-3]
  2. Siapa yang membaca surat pujian tersebut ? [ayat 2]
  3. Jika setiap orang Kristen adalah surat Kristus, apa yang perlu diperhatikan orang Kristen ?

Rupanya rasul Paulus sedang memikirkan tentang surat pujian atau surat referensi untuk menyatakan keberadaan jemaat Korintus ditengah-tengah masyarakat luas. Sebagaimana lazimnya pada masa itu untuk memperkenalkan seseorang kepada masyarakat yang belum dikenal dengan status baik maka seseorang yang kenal dengan masyarakat tersebut rela menjaminkan dirinya, untuk orang tersebut sehingga ia dapat diterima oleh masyarakat. Demikianlah keberadaan jemaat Korintus. Sebagai jemaat Kristus maka jemaat Korintus harus menyadari bahwa kehidupan mereka seumpama surat terbuka yang dibaca oleh orang lain. Jika jemaat Korintus banyak melakukan kebaikan sehingga kebaikannnya itu memberkati orang banyak/masyarakat, maka jemaat Korintus telah dapat membawa diri mereka sebagai surat Kristus yang terbuka. Akan tetapi jikalau jemaat Korintus melakukan tindakan-tindakan yang salah dan cemar maka cemarlah nama Kristus. Oleh sebab itu orang Kristen Korintus harus mencerminkan pola kehidupan Kristus.


Ada kebenaran besar disini yaitu bahwa setiap orang Kristen merupakan surat terbuka bagi Yesus Kristus. Setiap orang Kristen [termasuk saya dan saudara], entah suka atau tidak, merupakan iklan bagi kekristenan. Kehormatan Kristus berada pada tangan para pengikutNya [orang-orang Kristen]. Seperti kita menilai seorang pengrajin berdasarkan hasil karyanya, maka kita menilai gereja berdasarkan jenis manusia yang IA ciptakan. Oleh karena itu manusia menilai Kristus melalui para pengikutNya. Jika perilaku kita baik dan menjadi berkat bagi orang lain maka orang lain akan membaca kita sebagai pengikut Kristus yang sejati. Akan tetapi jika perilaku kita tidak baik maka orang lain akan mengatakan, wah …ternyata orang Kristen dan orang duniawi sama saja.

Jika demikian kita harus berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata. Bertindak dan bertutur katalah yang benar dan sopan agar orang lain dapat membaca kehidupan kita sebagaimana tindakan dan tutur kata Kristus.

 

Refeksi

Kita  harus tahu, bahwa kita adalah surat Kristus yang bersifat terbuka, semua orang akan membacanya.

 

Tekadku

Agar saya dapat menjadi surat Kristus yang terbuka, maka saya bertekad menjaga hati dan perbuatan saya tetap baik, mencerminkan kasih Kristus sehingga orang lain yang membaca hidup saya di berkati.

 

Tindakanku
Hari ini saya akan bercerita kepada sahabat saya bahwa ada satu Pribadi yang baik dalam hidup saya yaitu Tuhan Yesus Kristus. n kasih Kristus sehingga orang lain yang membaca hidup saya di berkati.tus yang sejati. gi sesame, mta kesulitan, alah salah satu bentuk melayani Tuhan.a selubung tersebut, dengan pertolongan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«