suplemenGKI.com

Mazmur 23:4-6

Yehovah Sammah: Tuhan Tempat Kediamanku 

            Jika anda memperhatikan ternak atau hewan piaraan, mereka selalu memiliki tempat atau kandang kecuali hewan liar. Hewan piaraan, selalu dibuatkan kandang oleh pemiliknya. Tetapi kita tidak akan menyebutkan tempat atau kandang yang dibikin oleh pemilik kelinci, ayam atau kambing itu adalah tempat atau kandang bagi yang membuatnya. Misalnya Pak Soleh membuat kandang untuk kelincinya, maka kita akan menyebutkan kandang itu adalah kandang kelinci, dan bukan kandangnya pak Soleh. Walaupun yang membuat kandang itu adalah pak Soleh. Hal itu adalah menunjukkan bahwa Pak Soleh menyediakan tempat bagi kelinci piaraannya. Sampai kapanpun kelinci-kelinci piaraannya Pak Soleh akan tetap tinggal di kandang yang dibuat oleh Pak soleh, kecuali kalau kelinci itu lari atau diambil oleh orang lain. Allah adalah Yehovah Sammah, yang menyediakan kediaman bagi setiap orang yang menjadi umatNya.

 Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apa yang hendak ditunjukkan oleh pemazmur melalui kiasan pada ayat. 4?
  2. Apa yang hendak ditunjukkan oleh pemazmur dengan mengungkapkan apa yang Allah perbuat baginya di ayat. 5-6?
  3. Bagaimana sikap kita terkait dengan kediaman kita yang didiami saat ini? 

Renungan:

            Para gembala di Israel, biasanya memakai gada untuk memukul dan menghalau setiap unsur yang mengancam hewan piaraannya. Sedangkan tongkat biasanya dipakai untuk menuntun, mengarahkan dan membimbing hewan gembalaannya supaya terus berjalan mengikuti gembalanya pada jalur yang benar. Dengan demikian maka domba gembalaan akan tetap aman, terkontrol, terlindung dan terarah jalannya dengan memakai ke dua alat itu. Gada dan tongkat adalah simbol penyertaan dan penjagaan Tuhan bagi setiap orang yang berada dalam gembalaanNya. Ketika pemazmur menyebut gada dan tongkatMu  itulah yang menghibur aku berarti pengandalannya hanya ada pada Tuhan apapun keadaannya.

            Lebih maju lagi pemazmur ingin menggambarkan bahwa Allah itu sebagai tuan rumah yang menyediakan tempat bagi pendatang, tamu atau orang yang tidak memiliki tempat kediaman. Menurut tradisi di Timur Tengah, tuan rumah wajib melindungi, menjaga, memelihara dan menyediakan bagi tamunya setiap kebutuhan selama dia berada di rumah tersebut. Gambaran itulah yang dipakai pemazmur untuk menyatakan pemeliharaanTuhan dalam hidupnya. Tuhan menjamu umatNya dengan menyediakan hidangan yang melimpah (gambaran: di hadapan lawanku…) menunjukkan bahwa musuh-musuh atau bahaya tidak lagi menjadi momok jika umatNya berada dalam rumah yang disediakan oleh Tuhan sang gembala baik itu.

            Pemeliharaan, penjagaan dan penyediaan oleh Tuhan digambarkan sebagai sesuatu yang selalu melimpah, selalu mengikutiku seumur hidupku artinya tidak terbatas, tidak habis-habisnya dan tidak berubah selalu tersedia, selalu cukup dan selalu diberikan sekalipun terkadang para dombanya nakal dan bandel. Bukan berarti kemudian domba-domba lalu seenaknya tidak mau taat, tidak mau dengar-dengaran pada gembalanya. Domba-domba juga harus menunjukkan ketaatan, kesetiaan dan penyerahan yang total kepada gembala yang baik itu. Itulah makna kalimat “aku akan diam di rumah Tuhan sepanjang masa” Sebuah ungkapan loyalitas yang tidak diragukan lagi dari pemazmur.

            Terkadang kita lupa dengan penyediaan, pemeliharaan Tuhan ketika kita menempati rumah yang bagus, mewah dan megah. Kebanyakan kita berpikir bahwa itu semua karena kekuatan kita sendiri. Demikian juga ketika kita bisa menikmati berkat melimpah, pakaian yang baik dan fasilitas yang banyak. Kita menjadi lupa sebenarnya itu semua adalah wujud pemeliharaan dan penyediaan yang Tuhan berikan bagi kita. Maka marilah kita bersyukur memiliki gembala yang selalu menyediakan apa yang kita butuhkan. 

“Ketika aku memakai baju, celana, sepatu atau naik kendaraan dan ketika aku menghadapi meja makan yang penuh dengan makanan enak dan lezat. Biarlah aku tidak lupa bahwa semua itu Tuhan yang menyediakan bagiku melalui kemampuan yang telah diberikanNya kepadaku”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«