suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 78 : 1-7.

“MENCERITAKAN KASIH SETIA TUHAN”

 

PENGANTAR
Mazmur 78 ini diawali dengan panggilan : “pasanglah telinga untuk pengajaranku hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku”. Pemazmur berperan sebagai pengajar sehingga  ia menyebut “pengajaranku”. Pengajaran yang disampaikan oleh pemazmur berasal dari pengalaman nenek moyang umat Israel yaitu berupa pengajaran tentang Kasih setia dan perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib yang pernah dialami oleh para leluhur Israel. Oleh sebab itu pengajaran tersebut  harus disampaikan kepada generasi muda umat Israel.

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang diharapkan pemazmur kepada generasi muda umat Israel ?( ayt 1-2).
  2. Apa yang diajarkan pemazmur ? ( ayt 3-5)
  3. Mengapa pemazmur perlu mengajarkan perbuatan Allahyang ajaib ? (6-7).

Dalam nyanyian pengajarannya pemazmur mengharapkan agar umat Israel,  dapat memperhatikan dengan sungguh-sungguh pengajaran pemazmur. Kata-kata “pasanglah telinga”, “sendengkanlah telinga”, mengandung maksud agar  umat Israel mengerti dan memahami setiap pengajaran pemazmur tentang perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib kepada nenek moyang mereka, baik melalui peristiwa pelepasan umat Israel dari perbudakan di Mesir  maupun perbuatan-perbuatan ajaib Allah di padang gurun. Semua itu merupakan karya penyelamatan Allah.

Dengan memahami pengajaran pemazmur maka iman mereka akan bertumbuh dan menjadi kuat. Namun mereka memiliki tanggung jawab yaitu menceritakan perbuatan-perbuatan ajaib Allah kepada generasi muda umat Israel. Mengapa hal itu perlu dilakukan ?Pertama : Supaya dapat dikenal oleh angkatan yang kemudian.( ayt 6 ). “Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus”.( Roma 10: 17 ). Mengingat bahwa iman timbul dari pendengaran oleh Firman Kristus maka menceritakan atau mengajarkan segala karya Tuhan kepada anak-anak atau generasi berikutnya adalah sangat penting , agar iman mereka dapat bertumbuh dan kuat. Kedua : Supaya mereka menaruh kepercayaan kepada Allah. (ayt 7). Bahwa masa depan umat Tuhan ada dipundak generasi muda. Umat Israel dapat menjadi umat  yang kuat apabila generasi mudanya memiliki iman yang kuat. Untuk itu generasi muda harus diajar Firman Tuhan dengan benar.Ketiga : Supaya generasi muda memegang perintah-perintah Tuhan ( ayt 7b ).Apa yangdialami oleh nenek moyang mereka ketika memberontak kepada Tuhan merupakan contoh bagaimana umat Israel tidaksanggup memegang perintah-perintah Tuhan. Hal itu jangan sampai terjadi kepada generasi muda, tetapi mereka dapat menjalani hidup dengan berpegang kepada perintah-perintah Tuhan.

Marilah kita mengajarkan iman yang benar kepada anak-anak kita agar mereka memiliki iman yang kuat.

REFLEKSI
Renungkanlah !apakah saudara telah mendengar dan mengalami kebaikan Tuhan ? sudahkah saudara menceritakan semua itu kepada anak-anak saudara ?

TEKADKU.
Ya Tuhan tolonglah saya agar setia mengajarkan iman yang benar kepada anak-anak.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan mengajak anak-anak dan keluarga untuk persekutuan bersama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«