suplemenGKI.com

Sudahkah Kau Siap Sedia?

2 Petrus 3:1-18

 

Pengantar
                Kalau kita akan bepergian ke luar kota, pasti kita akan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Segala perbekalan akan kita persiapkan dengan baik. Kalau kita naik mobil sendiri, maka kita juga harus mempersiapkan kendaraan yang akan dipakai, supaya perjalanan dapat dilalui dengan nyaman. Namun tak kalah pentingnya juga mempersiapkan kondisi sopirnya, supaya jangan sampai mengantuk di jalan. Yang pasti untuk semua perjalanan yang akan kita lalui, harus kita  persiapkan dengan matang dan baik. Bagaimana kita mempersiapkan diri menjelang hari Tuhan?

Pemahaman
Ay 1-4, Apa yang dipesankan Petrus kepada jemaatnya?
Ay 5-7, Apa yang Petrus ingatkan tentang Tuhan?
Ay 8-10, Apa yang Petrus ingatkan berkaitan dengan hari Tuhan?
Ay 11-13 , Apa yang dijanjikan Tuhan berkaitan dengan akhir jaman?
Ay 14-18, Menjelang akhir jaman, apa yang harus dilakukan oleh orang yang percaya?

Petrus mengingatkan kepada jemaat yang tinggal di perantauan, akan datangnya orang-orang yang menghujat nama Tuhan menjelang akhir zaman, mereka hidup hanya menuruti hawa nafsunya saja. Mereka akan berusaha menggoncangkan iman orang percaya.

Petrus mengajarkan pemahaman bahwa Tuhan itu pencipta alam semesta bersama isinya. Tuhan itulah yang menguasai dan memelihara alam semesta ini, dan tidak ada yang terluput dari pengawasan / penjagaan Tuhan.

Oleh sebab itu Tuhan tidak pernah lalai akan janji-janji-Nya, dan Tuhan pasti menepati janji-janji-Nya. Demikian juga tentang hari Tuhan, pasti akan terjadi bahkan datangnya seperti pencuri. Bahkan Petrus mengingatkan menjelang hari Tuhan, gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dan lenyap. Kekacauan alam semesta akan terjadi sebelum hari Tuhan.

Setelah semuanya itu terjadi barulah muncul “langit dan bumi yang baru”, di langit dan bumi yang baru terdapat kebenaran dan kehidupan yang tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya. Maka sebagai orang-orang yang percaya yang menantikan dan merindukan datangnya langit dan bumi yang baru, harus berusaha untuk hidup berkenan kepada Tuhan dan teguh imannya. Tuhan itu sabar, karena ingin memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi manusia supaya bertobat dan berkenan kepada-Nya.

Hari Tuhan pasti tiba, namun yang terpenting bukan kapan datangNya, yang lebih penting adalah apakah kita sudah siap menyambut kedatangan-Nya?

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: Apakah saya sudah siap menjelang hari Tuhan? Apa yang sudah saya lakukan untuk menyambut hari tersebut?

Tekadku
Ya, Tuhan ampunilah kami, karena kami terlalu sibuk dengan urusan-urusan pribadi kami, kami tidak menyiapkan hati untuk menyambut kedatangan-Mu?

Tindakanku
Hari ini saya akan menyiapkan hati untuk berjumpa Tuhan di dalam waktu teduh saya pribadi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«