suplemenGKI.com

Matius 3:1-6

“Hidup yang Menyerukan Kristus”

 

PENGANTAR

Kitab Matius memang tidak memuat kisah tentang masa kecil Yesus, namun menceritakan tentang awal masa pelayanan Yohanes Pembaptis. Ia memang dipakai Allah untuk mempersiapkan kedatangan Mesias melalui pemberitaannya.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 2: Apa isi pemberitaan Yohanes Pembaptis?
  2. Perhatikan Luk. 3:11-14, apa yang dimaksud Yohanes dengan ‘bertobat’?
  3. Ayat 4: Apa pentingnya Matius menyebutkan tentang penampilan Yohanes? (bdk. dg. Ibr.11:37)
  4. Ayat 5-6: Bagaimana hasil pelayanan Yohanes Pembaptis?
  5. Apa yang istimewa dalam diri Yohanes Pembaptis untuk Anda teladani?

 

Yohanes Pembaptis ditentukan Allah untuk mempersiapkan kedatangan Yesus dengan jalan memberikan seruan untuk bertobat. Seruan ini diperkuat dengan adanya penekanan bahwa Kerajaan Surga sudah dekat, sudah tidak banyak waktu lagi Mesias akan datang dan menghakimi segala perbuatan mereka. Yohanes tidak muluk-muluk dengan istilah pertobatan. Ketika ia ditanya apa yang harus dilakukan untuk bertobat, secara sederhana Yohanes memberi contoh-contoh yang praktis dalam kehidupan mereka. Menjauhi penindasan terhadap orang-orang miskin, menjauhi materialisme, keegoisan. Teguran ini ditujukan kepada siapa saja tanpa pandang bulu.

Pemberitaan Yohanes diperkuat dengan penampilannya yang cukup unik, yang tidak jauh berbeda dengan para nabi pada zaman sebelumnya (Elia) dan ini menyiratkan pesan bahwa Tuhan sedang berbicara melalui Yohanes seperti pada para nabi yang sudah beberapa periode waktu ini vakum, tidak ada nubuatan lagi dari Allah. Dan benar bahwa Tuhan memakai hambaNya ini. Selain itu cara penampilan yang menyiratkan adanya penyangkalan terhadap kemewahan dan kerelaan untuk hidup menderita demi pemberitaan suara Tuhan. Dengan kuasa dan otoritas dari Allah, Yohanes dengan caranya yang tidak umum dan penampilan yang unik, ini menarik banyak orang datang kepadanya dan meminta dibaptis.

 

REFLEKSI

Kita sedang dalam masa persiapan menjelang kedatangan Kristus yang kedua kalinya. Apakah kita sudah menjadi orang Kristen yang mempengaruhi dan menarik orang datang pada Yesus? Sebab di zaman ini tidak jarang orang Kristen yang justru perkataannya tidak digubris dan keberadaannya tidak diperhitungkan oleh orang lain, alias tidak memberi pengaruh apa-apa bagi sekitarnya.

 

TEKADKU

Tuhan Yesus, teladan hidupmu meski tidak menarik bagi sebagian besar orang, namun pada kenyataannya membuat banyak orang datang kepadaMu karena kebenaranMu. Tolonglah aku menempuh jalan dan cara hidup sepertiMu, yang menarik bagiMu, menarik orang datang padaMu, bukan menarik bagi dunia, yang membawaku pada kebinasaan. Amin

TINDAKANKU

Hari ini aku akan menjadi orang Kristen yang menarik perhatian orang datang pada Kristus dengan menebarkan pengaruh yang positif bagi mereka melalui isi perkataan/obrolanku hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«