suplemenGKI.com

Hanya Karena Iman

Roma 5:1-11

 

Pengantar
                Kita pernah mendengar ada slogan: di dunia ini tidak ada yang gratis? Maksudnya untuk mendapatkan sesuatu orang mesti bayar atau mengeluarkan uang. Memang secara umum hal ini benar, segala sesuatu yang akan kita dapatkan mesti harus membelinya. Namun ada beberapa hal yang memang kita dapat memperolehnya dengan gratis, misalnya udara yang kita hirup, matahari (panas), hujan dll. Bagaimana dengan iman kepada Tuhan? Rasul Paulus menjawab hal ini di bacaan kita pagi ini.

Pemahaman
ay 1-5,                   Apa yang dimaksudkan oleh Paulus tentang hidup yang dibenarkan?
ay 6-8,                   Apa yang telah dilakukan Kristus waktu kita masih berdosa?
ay 9-11,                Apa hasil dari penebusan Kristus bagi orang yang percaya?

Pada bagian ini Paulus mau menegaskan bahwa setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus hidup dalam damai sejahtera dengan Allah. Hanya imanlah yang mengantar kita untuk menikmati kasih karunia dari Allah. Dan di dalam kasih karunia Allah, kita dapat bermegah dalam pengharapan akan kemuliaan Allah. Pengharapan akan kemuliaan Allah inilah yang memampukan kita bertahan dalam penderitaan di dunia ini. Karena pengharapan di dalam Tuhan tidak pernah mengecewakan, dan Roh Kudus senantiasa menyertai setiap orang percaya dapat melewati masa-masa yang sulit.

Paulus mengingatkan bahwa sebelum Kristus hidup di dalam kita, kita ini orang durhaka, orang yang bangga dengan dosa-dosanya, dan pasti akan menerima maut (hidup dalam neraka). Namun Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, walaupun kita tidak ada yang layak untuk menerimanya, dengan cara Kristus mau mati untuk menebus dosa-dosa kita, ketika kita masih berdosa.

Kematian Kristus yang menebus dosa-dosa manusia dengan darah-Nya menjadikan kita orang-orang yang dibenarkan oleh Allah. Orang-orang yang dibenarkan oleh Allah, pasti tidak akan menerima murka Allah. Allah begitu mengasihi manusia, yang walaupun menjadi seteru Allah, Allah telah menunjukkan kasih-Nya melalui pendamaian yang dilakukan oleh kematian Anak-Nya. Allah telah melakukan yang terbaik bagi orang-orang yang berdosa dengan mengutus Anak-Nya yang tunggal melalui pengorbanan-Nya di atas kayu salib.

Bagaimana kita (orang berdosa) dapat memperoleh pendamaian dengan Anak-Nya? jawaban yang utama adalah hanya mengimani-Nya, percaya apa yang telah dilakukan oleh Tuhan Yesus bagi penebusan dosa-dosa kita.

Sebagai orang yang sudah percaya maka seharusnya kita bangga dengan apa yang kita imani, bukan saja menjaga iman kita namun yang lebih penting menghidupinya. Menghidupi di semua aspek kehidupan kita sehingga iman kita adalah iman yang bertumbuh.

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: Apakah saudara sudah menghidupi iman percaya saudara di semua aspek kehidupan kita?

Tekadku
Ya, Tuhan sering kali kami merasa enggan untuk menghidupi iman percaya kami kepada-Mu, kami merasa hal ini biasa-biasa saja, ampunilah kami dan perbaharuilah kami yang Tuhan.

Tindakanku
Hari ini saya menghidupi iman saya dengan cara menyaksikan kebaikan Tuhan kepada teman saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«