suplemenGKI.com

DOA MENGHADIRKAN KEKUATAN TUHAN YANG MENYEMPURNAKAN

2 Tesalonika 1:11-12

 

Pengantar
Kita sering terlalu berfokus pada kesibukan menyiapkan tugas kita, baik dalam kehidupan keluarga, pendidikan, pekerjaan dan  pelayanan gereja. Di tengah kesibukan mengurus banyak hal, apakah Tuhan masih ada di pusat kehidupan? Ataukah Tuhan justru tersingkirkan? Apakah kita masih punya banyak waktu untuk berdoa? Acapkali kecepatan dan kemampuan manusia untuk menyelesaikan segala sesuatu tidak diimbangi dengan keinginan untuk menyerahkan hidup kepada Tuhan. Tuhan tidak sungguh-sungguh dilibatkan dalam pelbagai urusan kehidupan. Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  •  Ayat 11      : Apa yang membuat Paulus senantiasa berdoa?
  • Ayat 12      : Apa tujuan berdoa bagi Paulus?

Paulus dalam kedewasaan imannya selalu melibatkan Tuhan dalam setiap hal. Baik hal yang menyenangkan dan juga hal-hal yang membawanya ke dalam penderitaan. Bagi Paulus, hanya melalui doa segala sesuatu dapat disampaikan kepada Tuhan. Doa juga menunjukkan kekuatan relasi seseorang kepada Tuhan. Hanya melalui doa, kita dapat menuturkan segala sesuatu kepada Tuhan. Doa membuat kita juga memiliki komunikasi yang semakin rutin dan baik dengan Tuhan. Kita dimampukan untuk mengerti dan memahami setiap maksud Tuhan dalam kehidupan. Doa juga membawa kita merasakan kekuatan dari Bapa hingga kita dapat melanjutkan segala karya kehidupan dan karya iman dengan baik.

Paulus menyampaikan dukungannya kepada jemaat di Tesalonika dengan cara senantiasa berdoa. Melalui doanya, Paulus memohonkan kekuatan dari Tuhan menyempurnakan segala karya iman dan karya kasih jemaat Tesalonika. Paulus secara jelas menyampaikan bahwa kekuatan Tuhan memberikan kesempurnaan dalam setiap hal. Kekuatan Tuhan memampukan jemaat Tesalonika terus mempersembahkan karya iman dan karya kasih di tengah tekanan dan pelbagai kesulitan. Kekuatan dari Tuhan mendorong mereka untuk terus-menerus mempersaksikan Firman Tuhan melalui perbuatan-perbuatan baik dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Sesungguhnya semua karya kehidupan ini membutuhkan topangan doa sebab melalui doa kita menghadirkan kekuatan Tuhan yang menopang dan menguatkan seluruh karya kehidupan. Ada kalimat bijak yang mengatakan, “doakanlah apa yang kau kerjakan dan kerjakanlah apa yang kau doakan”. Doa dan kerja tak bisa dipisahkan.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah kembali berapa banyak waktu yang Anda pakai buat berdoa. Apakah Anda selalu menyiapkan waktu terbaik untuk berdoa ? Apakah Anda selalu mendoakan seluruh karya hidup sehari-hari serta  pertumbuhan iman Anda dan orang lain di sekitar Anda?

Tekadku
Tuhan, mampukanlah aku semakin rajin berdoa agar aku merasakan kekuatan Tuhan yang menopang hidupku.

Tindakanku

  • Ambillah selembar kertas serta alat tulis, dan daftarkanlah kegiatan Anda pada hari ini!
  • Doakanlah seluruh daftar kegiatan Anda tersebut dan bawalah kertas itu ke mana pun Anda pergi agar Anda dapat mendoakannya setiap saat.

 

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«