suplemenGKI.com

Kamis, 31 Mei 2012

30/05/2012

SEMUA CIPTAAN DISELAMATKAN MELALUI KRISTUS

Kolose 1:19-23

 

Siapakah yang diselamatkan KRISTUS? Pastilah Saudara akan menjawab: semua orang yang percaya kepada KRISTUS. Benar. Adakah yang lain? Apakah karya keselamatan KRISTUS hanya ditujukan untuk manusia?
Mari kita merenungkannya.

 

Pendalaman Teks Alkitab

  • Siapakah  yang menjadi sasaran karya pendamaian KRISTUS?  ( ayat 19-20 )
  • Dimana sajakah Injil dikabarkan?( ayat 23)
  • Apakah yang perlu kita lakukan agar keselamatan dan Injil tersebar di seluruh alam?

 

Renungan

Selama ini kita mengetahui bahwa karya keselamatan KRISTUS diberikan untuk manusia, namun bacaan Alkitab hari ini membicarakan keutamaan KRISTUS dalam karya  pendamaian, penebusan dan penyelamatan atas  ciptaan.  KRISTUS telah mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya. Dalam ayat 23 dikatakan bahwa Injil diberitakan kepada ktisis (seluruh alam). Ayat ini mengungkapan dimensi kosmik hubungan Kristus dengan ciptaan.  Melalui Kristus dunia diciptakan dan melalui Kristus pula Allah berinisiatif melakukan pendamaian dengan ciptaanNya. Sekarang alam berada di bawah kuasaNya dan dengan demikian kosmos ( alam semesta)  mengalami pendamaian.

Kristus membawa pendamaian dan keharmonisan bagi semua ciptaan melalui kematian dan kebangkitanNya. Penebusan Kristus juga dipahami sebagai penebusan kosmis yang mencakup seluruh alam dan ciptaan. Penyelamatan juga mencakup pendamaian atau pemulihan hubungan yang telah rusak antara manusia dan ciptaan lainnya.  Jika KRISTUS berkenan menyelamatkan seluruh ciptaan maka kita  sebagai murid-murid KRISTUS sudah selayaknya memiliki spiritualitas  menjadi penyelamat seluruh ciptaan. Bagaimanakah hal itu bisa diwujudkan? Tentu harus dimulai dari pengamatan kepedulian terhadap ciptaan TUHAN yang terancam kematian karena ulah manusia.

Sejumlah ahli lingkungan dan ilmuwan Indonesia memperkirakan 2.000 dari 18.000 pulau kecil di negeri ini akan hilang pada tahun 2030. Perubahan drastis yang terjadi 23 tahun lagi itu akibat naiknya ketinggian permukaan laut. Para ilmuwan juga memperkirakan akan segera terjadi pengungsian penduduk akibat pemanasan global dari sejumlah kepulauan di Samudera Pasifik. Jumlah pengungsi akan meningkat hingga ratusan juta orang pada akhir abad ke-21.

Tentu kita tidak boleh tinggal diam melihat ancaman kehancuran alam ini.  Kita perlu mengembangkan spiritualitas yang dibangun di atas dasar penghayatan iman bahwa semua ciptaan diselamatkan dan dibaharui oleh Tuhan. Dalam spiritualitas ini kita berjumpa dengan pengalaman manusiawi yang berhadapan dengan kehancuran lingkungan hidup sekaligus berhadapan dengan pengalaman akan yang Mahakudus, yang mengatasi segalanya. Dalam xpengalaman ini kita dipanggil untuk secara kreatif memelihara kualitas kehidupan, dipanggil untuk bersama Sang Penyelenggara hidup ikut serta mengusahakan syalom, kesejahteraan bersama, dengan segala makhluk di seluruh alam.

Spiritualitas penyelamat seluruh ciptaan terwujud dalam macam-macam tindakan etis sebagai wujud tanggungjawab untuk ikut memelihara lingkungan, dengan mengembangkan gaya hidup ramah lingkungan, misalnya  mengembangkan budaya  4 R (  re-use, re-cycle, re-duce,  repair).

 

Sampah adalah barang-barang yang biasanya dibuang orang-orang karena dianggap tidak dapat dipakai lagi fungsinya. Banyak barang yang sebenarnya masih bisa didaur ulang (re-cycle) atau digunakan ulang (re-use). Mengurangi sampah berarti membantu meringankan beban TPA menampung sampah dan membantu menghemat sumber daya alam agar dapat digunakan secara berkelanjutan untuk generasi mendatang. Jangan membeli secara berlebihan produk-produk dalam kemasan. Pilah dan jual barang-barang yang bisa didaur ulang seperti kaleng, botol dan kertas. Jangan terburu-buru  membeli barang baru, cobalah untuk memperbaiki barang-barang yang rusak (re-pair). Kurangi pemakaian plastik, sebab plastik sulit dihancurkan oleh tanah sehingga merusak alam. Kurangi pemakaian kertas,tissu, agar hutan tidak semakin gundul karena banyak pohon ditebangi ( re-duce).

Semua ciptaan TUHAN akan merasakan keselamatan  yang dibawa KRISTUS apabila semua orang yang telah diselamatkan KRISTUS menyediakan diri untuk memiliki hati, pikiran, tangan dan kaki KRISTUS yang menyelamatkan.

TUHAN YESUS berikanlah kami: hati, pikiran, tangan dan kaki yang mau terlibat dalam karya menyelamatkan seluruh alam

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»