suplemenGKI.com

Kamis, 31 Juli 2014.

30/07/2014

Bacaan : Mazmur 17 : 6-15.

“KEYAKINAN YANG SANGAT PENTING”

PENGANTAR :
Sesungguhnya pemazmur adalah umat Tuhan/milik Tuhan. Tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang sirik, iri bahkan memusuhi  pemazmur.  Namun apapun yang dlakukan oleh semua lawan yang memusuhi pemazmur  tidak akan pernah berhasil. Mengapa ?

PEMAHAMAN :
1. seperti apa gambaran pemazmur tentang musuh-musuhnya ? ( ayat 10-12)
2. bagaimana keyakinan pemazmur kepada Tuhan ? ( ayat 6-9)
3. pelajaran apa yang dapat kita petik melalui pengalaman pemazmur ?

Orang-orang yang memusuhi pemazmur digambarkan seperti orang Fasik yang licik dan seperti singa yang hendak menerkam. Secara manusia pemazmur tidak akan sanggup melawan, apalagi mengalahkan mereka sebab mereka merupakan lawan yang sangat tangguh. Namun sebagai orang beriman pemazmur yakin bisa menang sebab pemazmur tidak sendiri tetapi ada Tuhan yang menyertainya.  Seperti apa keyakinan pemazmur ?

Pertama : Pemazmur yakin bahwa Tuhan Allah menjawab orang beriman yang berseru kepadaNya. Dalam menghadapi setiap persoalan/ancaman pemazmur selalu berseru minta tolong kepada Tuhan, dan ia yakin bahwa Tuhan selalu menjawabnya.

Kedua : Pemazmur yakin bahwa Kasih setia Tuhan melebihi apa yang dapat dibayangkan orang. Pengalaman pemazmur membuktikan bahwa Tuhan senantiasa menolong tepat pada waktunya.

Ketiga : Pemazmur yakin bahwa tangan Tuhan yang dahulu mengantar Israel keluar dari mesir akan menyelamatkan pemazmur dari semua musuhnya.

Keempat : Pemazmur yakin bahwa Tuhan yang memeliharanya dan menjaganya seperti biji mata. Bukankah hal itu merupakan pemeliharaan yang menakjubkan ? bahkan dikatakan bahwa Tuhan  menyembunyikan dalam naungan sayab-Nya sehingga pemazmur akan tetap aman terlindung. Berdasarkan keyakinan itulah pemazmur menyatakan iman percayanya kepada Tuhan.

Jika kita sadari dalam hidup ini, seringkali kita menghadapi orang-orang yang berlaku licik dan memusuhi kita. Jika hal itu menimpa kita apakah kita bisa berlaku seperti  pemazmur, yang yakin kepada Tuhan sang penjaga dan penyelamat kehidupan? seharusnya kita memiliki keyakinan yang sama dengan pemazmur.

REFLEKSI :
Dalam menghadapi kehidupan yang penuh lawan, seberapa yakin anda kepada pertolongan Tuhan ?

TEKADKU :
Ya Tuhan, sesungguhnya hidupku adalah milikMU, jagalah saya dan selamatkan saya dari setiap bahaya yang mengancam saya.

TINDAKANKU:
Mulai hari ini saya akan menjalani kehidupan dengan berserah kepada pertolongan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«