suplemenGKI.com

1 Korintus 1:4-9

BERLIMPAH DENGAN SYUKUR

PENGANTAR
Kita bersyukur kepada Tuhan atas segala sesuatu yang kita pandang baik bagi kita. Ini wajar. Kita percaya bahwa Tuhan bekerja di balik semua itu. Masalahnya, kemampuan kita untuk menilai apakah sesuatu itu baik atau tidak sangatlah terbatas. Di lain pihak, Tuhan tidak hanya bekerja dalam segala sesuatu yang kita pandang baik saja. Di dalam berbagai hal yang kita anggap buruk pun Tuhan juga bekerja di sana dan kita masih dapat melihat anugerah dan kebaikan-Nya. Memang, tidak mudah untuk melihat karya Tuhan di dalam sesuatu yang kita pandang buruk. Namun, jika kita berlatih untuk itu maka hidup kita akan semakin berlimpah dengan syukur.

PEMAHAMAN
Jemaat di Korintus adalah jemaat yang penuh masalah. Hal ini akan segera nampak apabila kita membaca perikop-perikop selanjutnya. Namun, sebelum berurusan dengan semua persoalan itu, Paulus mengawali dengan ucapan syukur kepada Allah. Sebelum membicarakan berbagai hal yang buruk dalam kehidupan mereka, Paulus mengajak mereka melihat kebaikan Tuhan bagi mereka.

  • Ay. 1-6. Menurut Anda, apakah ucapan syukur Paulus di sini hanya basa-basi? Apa yang Paulus sebutkan sebagai alasan ucapan syukurnya?
  • Ay. 7-9. Paulus mempunyai keyakinan yang kuat mengenai masa depan jemaat Korintus. Apakah keyakinan Paulus ini mempunyai dasar yang kuat?

Tentu saja, Paulus mengucap syukur dengan sungguh-sungguh. Ia bahkan menyebutkan dengan jelas alasan pengucapan syukurnya.  Jemaat di Korintus memang dipenuhi oleh berbagai masalah. Namun,  jemaat ini juga dipenuhi oleh banyak orang dengan berbagai macam karunia Roh. Karunia Roh yang berlimpah ini adalah wujud anugerah Allah yang patut disyukuri (ay. 4).  Itu berarti bahwa kesaksian tentang Kristus (Injil) yang pernah diteguhkan di antara mereka tidak sia-sia. Kasih karunia Tuhan masih tetap nyata di tengah rumitnya persoalan yang mereka hadapi.

Paulus juga yakin tentang masa depan mereka.  Meski penuh masalah, jemaat Korintus tetap memiliki masa depan yang baik. Masalah-masalah yang mereka hadapi tidak akan menghancurkan mereka. Mereka akan tetap berdiri teguh dan layak menyambut Yesus Kristus pada waktu Ia datang kembali (ay. 7-8). Apa dasar dari keyakinan Paulus ini? Bukan karena mereka terdiri atas orang-orang yang hebat, melainkan karena Allah yang telah memanggil mereka adalah setia (ay. 9). Kesetiaan Allah inilah yang menjamin bahwa persekutuan mereka di dalam Yesus Kristus akan tetap terpelihara sampai akhir zaman.

REFLEKSI
Di dalam situasi yang nampak buruk pun anugerah Tuhan tetap ada karena Ia setia.

TEKADKU
Tuhan, aku ingin lebih sering bersyukur kepada-Mu. Mampukanlah aku melihat kasih karunia-Mu di dalam berbagai situasi dan peristiwa yang aku alami.

TINDAKANKU
Selama seminggu ini, setiap malam menjelang tidur, aku akan menaikkan doa syukur untuk sepuluh hal yang aku lihat dan alami pada hari itu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«