suplemenGKI.com

Lukas 21:29-33

KESABARAN DAN PENGHARAPAN, JURUS AMPUH DI MASA SUKAR

PENGANTAR
Tidak selalu kita bisa menghindar dari masa-masa sukar di dalam hidup kita. Bahkan, sebagai orang beriman kita sering kali harus menghadapinya lebih banyak dari orang-orang lain di sekitar kita. Misalnya, pada waktu kita harus memberitakan Injil atau melakukan firman-Nya. Bagaimana kita harus menghadapinya? Yesus mengajar para murid-Nya untuk mengamati berbagai hal yang terjadi agar mereka dapat mempersiapkan diri menghadapi masa-masa sukar. Dan, apabila masa-masa sukar itu datang, mereka menghadapinya dengan kesabaran dan penuh pengharapan.

PEMAHAMAN

  • Ayat 29-31.  Melalui perumpamaan mengenai pohon ara ini, pelajaran apa yang Yesus berikan kepada para murid-Nya? Sebutkanlah minimal dua hal.
  • Ayat 32-33.  Bagi siapakah pengajaran dan peringatan ini diberikan? Siapakah yang dimaksudkan oleh Yesus sebagai “angkatan ini”? Apa yang Yesus ajarkan kepada mereka?

Melalui perumpamaan mengenai pohon ara, Yesus mengajarkan sebuah prinsip yang penting, yaitu bahwa dengan mengamati dan mempelajari tanda-tanda maka kita akan dapat mengetahui apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dengan demikian, kita dapat mengantisipasi atau mempersiapkan diri menghadapi apa yang akan terjadi itu dengan sikap dan cara yang tepat. Selain itu, melalui perumpamaan ini Yesus mengajarkan bahwa setelah berbagai hal buruk (yaitu yang disebutkan di ayat 20-24) itu terjadi, maka Kerajaan Allah akan tiba. Kalaupun kita harus menghadapi masa-masa sukar (yang memang tidak dapat dihindari), kita harus menghadapinya dengan bersabar dan berpengharapan.

Ungkapan ”angkatan ini” menimbulkan perbedaan pendapat di kalangan para penafsir. Sebagian penafsir berpendapat bahwa ”angkatan” yang dimaksud oleh Yesus adalah mereka yang memang hidup menjelang datangnya akhir zaman. Namun, cukup jelas bahwa Yesus memang sedang berbicara kepada para murid-Nya di masa itu. Yesus sedang mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa-masa sukar yang akan segera mereka alami. Dan, memang, tidak lama setelah Yesus naik ke sorga, para murid-Nya sungguh-sungguh mengalami penganiayaan dan penderitaan, baik dari pemerintah Romawi maupun dari sesama orang-orang Yahudi. Dalam situasi seperti itu, mereka akan ingat perkataan Yesus: ”Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.” Kata-kata Yesus ini tentu akan sangat menguatkan mereka.

REFLEKSI
Apa yang sudah Anda lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi masa-masa sukar di dalam hidup Anda?

TEKADKU
Ya Tuhan, aku akan menggunakan setiap kesempatan yang Engkau berikan untuk melatih kesabaranku dan memperteguh pengharapanku.

TINDAKANKU
Aku akan mengamati dan mempelajari berbagai hal yang dipakai Tuhan untuk melatih kesabaranku dan memperteguh pengharapanku, dan aku akan membagikan pengalamanku ini kepada beberapa orang yang aku temui dalam minggu ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«