suplemenGKI.com

Kamis, 29 Mei 2014

28/05/2014

Lukas 24:44-53

 

Menjadi Saksi Kristus

 

Pengantar
Dalam suatu pengadilan yang baik, untuk memutuskan sebuah perkara pasti dibutuhkan saksi-saksi yang melihat atau yang mengalami peristiwa tersebut supaya hakim dapat mempertimbangkan keputusannya dengan benar, sehingga tidak merugikan orang-orang yang sedang mencari keadilan. Peranan saksi sangat penting, maka saksi yang benar adalah orang yang melihat langsung kejadian atau peristiwa yang terjadi dan menceritakan apa adanya. Bagaimana dengan saksi Kristus?

 

Pemahaman
Ay 44-46,             Apa yang Tuhan Yesus lakukan kepada murid-muridNya supaya mereka memahami peristiwa kebangkitanNya?

Ay 47-49,             Pesan apakah yang Tuhan Yesus berikan kepada murid-muridNya?

Ay 50-53,             Peristiwa apakah yang terjadi dekat Betania, dan apa reaksi  murid-muridNya?

Peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus membuat murid-muridNya terheran-heran, ada pula diantara mereka  yang masih ragu-ragu. Tuhan Yesus mendekati mereka dan menyakinkan mereka bahwa apa yang mereka lihat sekarang ini adalah Yesus yang sudah bangkit. Tuhan Yesus juga  mengingatkan bahwa apa yang tertulis dalam kitab Taurat Musa,kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur digenapi,yaitu bahwa  Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga. Mereka juga dibukakan pikirannya untuk memahami kebangkitanNya.

Tuhan Yesus juga mengingatkan bahwa berita pertobatan dan pengampunan dosa harus senantiasa diberitakan keseluruh dunia.Murid-muridNya diharapkan menjadi saksi Kristus dimanapun mereka berada.

Setelah Tuhan Yesus berpesan kepada mereka maka Tuhan Yesus memberkati mereka dan Ia berpisah dengan mereka dan naik ke sorga. Ketika para murid tahu Tuhan Yesus naik ke sorga, maka mereka sujud menyembahNya, serta memuji-muji Tuhan Yesus.

 

Refleksi
Marilah kira renungkan: apakah kita sudah menjadi saksi Kristus dimanapun kita berada? Sudahkah kita secara pribadi bertobat dan merasakan pengampunan dosa dari Tuhan? Sudahkah berita pertobatan dan pengampunan dosa menjadi pokok berita kita?

 

Tekad
Ya Tuhan, ampunilah kami kalau kami belum menjadi saksiMu, seringkali kami hanya memikirkan kepentingan kami sendiri maupun kelompok kami.Beranikanlah kami menjadi saksiMu, yang memberitakan adanya pertobatan dan pengakuan dosa.

 

Tindakan
Hari ini, saya akan menyaksikan Kristus kepada orang yang saya jumpai. Saya akan ambil waktu untuk berjumpa dengan seseorang dan menerangkan tentang Tuhan Yesus

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»