suplemenGKI.com

Kamis, 29 April 2021

28/04/2021

ANEH TAPI NYATA

Kisah Para Rasul 8:26-40

 

Pengantar
Aneh tapi nyata. Kalimat ini biasanya dipakai untuk menyimpulkan kisah yang tak lazim atau bisa juga tak masuk akal sehingga dikategorikan “aneh”. Mau tidak dipercaya tapi itu nyata. Perjalanan hidup dan karya pelayanan dalam tuntunan ROH KUDUS juga bisa memunculkan komentar ”aneh tapi nyata”.  Itulah yang akan kita renungkan dalam bacaan Alkitab hari ini.

Pemahaman 

  • Ayat 26-29  : Apakah yang dilakukan Filipus ketika mendengar pengutusan TUHAN melalui malaikat-NYA?
  • Ayat 30-31    : Mengapa sida-sida dari Etiopia mau dibimbing oleh Filipus?
  • Ayat 32-38    : Bagaimana sida-sida dari Etiopia bisa langsung percaya kepada TUHAN YESUS dan minta dibaptis, setelah Filipus memberitakan Injil kepadanya? Menurut Saudara apa peran ROH KUDUS dalam hal ini?
  • Ayat 39-40     : Apa peran ROH KUDUS dalam perjalanan pelayanan Filipus?

Dalam perjalanan pelayanan Filipus kita melihat betapa besar peran tuntunan ROH KUDUS. Filipus bergerak menentukan arah perjalanan pelayanannya berdasarkan pengutusan TUHAN yang berbicara kepadanya melalui malaikat dan gerakan ROH KUDUS yang mengarahkan langkahnya. Tiba-tiba Filipus diutus pergi ke suatu tempat yang tak pernah dibayangkan dan direncanakan sebelumnya, juga menjumpai orang yang belum pernah dikenalnya. ( ayat 26-29 ). Lalu dengan cepat, Filipus pun dibawa oleh ROH ke tempat lain yang juga  tak pernah direncanakan sebelumnya (39-40). Kesannya aneh tapi nyata. Apakah Filipus tak  punya jadwal dan rencana pelayanan yang rapi sebab gerakan pelayanannya serba spontan dan mendadak menurut  gerakan dan tuntunan ROH?

Tampaknya Kisah Para Rasul hendak mempersaksikan berita penting yang perlu kita perhatikan yaitu betapa besar peran ROH KUDUS dalam menuntun dan membimbing para rasul secara khusus Filipus.  Filipus pun  sangat  taat pada tuntunan ROH TUHAN. Pastilah dia juga memiliki relasi yang dekat dengan TUHAN sehingga mengenali suara tuntunan ROH KUDUS.  Jadi keberhasilan pelayanan Filipus sebenarnya bukan karena kehebatannya tapi karena ROH KUDUS yang bekerja dalam dirinya dan menuntunnya.  TUHAN sendiri yang mewartakan Injil-NYA. TUHAN juga telah merancang siapa saja yang akan diselamatkan-NYA. Filipus hanyalah alat-NYA atau hamba yang dipakai-NYA. Kisah ini juga mau mengatakan kepada kita, betapa penting seorang hamba  selalu siap sedia diutus dan selalu taat mengikuti perintah Sang TUAN.

Kalau sida-sida dari Etiopia bisa bertobat dalam pekabaran Injil yang hanya melalui percakapan dalam sebuah perjalanan, itu karena ROH KUDUS sudah bekerja dalam hatinya. ROH KUDUS memakai Filipus untuk meyakinkan sida-sida dari Etiopia tentang keselamatan di dalam KRISTUS. Dari satu orang sida-sida yang percaya kepada TUHAN YESUS, akhirnya keselamatan tersebar ke masyarakat Etiopia. Sekarang ini Etiopia adalah  salah satu negeri di Afrika utara yang memiliki populasi Kristen yang besar. Betapa luar biasa ROH KUDUS bekerja. 

Refleksi:
Dalam keheningan, renungkanlah selama ini apakah atau siapakah  yang menjadi andalan Saudara dalam menentukan gerak karya kehidupan dan pelayanan? Apakah Saudara selalu patuh pada tuntunan ROH KUDUS? Apakah Saudara memiliki relasi yang intim dengan TUHAN sehingga bisa mengenali tuntunan ROH KUDUS?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku untuk mengenali tuntunan ROHMU dan mematuhinya. Jadikanlah aku hamba yang selalu siap Engkau pakai untuk menyebarluaskan karya keselamatan di mana pun. Tunjukkan jalan dan berikanlah hikmat agar aku bisa melakukan tugas perutusan mengabarkan Injil dengan tepat.

Tindakanku
Aku akan selaku terbuka dan taat dituntun ROH KUDUS  termasuk ketika ROH membukakan jalan untuk melakukan pelayanan baru yang tak pernah kurencanakan sebelumnya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«