suplemenGKI.com

Takjub Pada Kuasa Allah

Markus 1:21-28

 

Pengantar
                Sering kali tanpa disadari, kita mudah membanding-bandingkan satu dengan yang lain, teristimewa orang -orang yang bertemu dengan kita. Kita mudah menilai si A lebih baik dari si B, si C lebih pandai dari si D dan seterusnya. Demikian juga ketika Tuhan Yesus mengajar di rumah ibadah, orang-orang di sana mulai membandingkan pengajaran Yesus dengan ahli-ahli Taurat atau orang Farisi. Mereka mendapati bahwa pengajaran Yesus lebih baik bahkan lebih berbobot dibandingkan dengan orang Farisi maupun ahli Taurat.

Pemahaman
Ay 21-22, Apa yang Yesus lakukan di rumah ibadat? Dan apa reaksi pendengarnya?
Ay 23-24, Apa yang terjadi dalam rumah ibadat tersebut? Dan apa reaksi dari roh jahat tersebut?
Ay 25-26, Apa yang Yesus katakan kepada roh jahat tersebut? Apa reaksi dari roh jahat tersebut?
Ay 27-28, Apa tanggapan orang banyak tersebut ketika melihat peristiwa tersebut? Dan apa yang terjadi setelah peristiwa tersebut?

Seperti biasanya hari Sabat Yesus pergi ke rumah ibadat dan Yesus mempunyai kesempatan untuk mengajar. Orang-orang yang telah mendengarkan pengajaran Yesus menjadi takjub akan apa yang Yesus katakan. Mereka semua mulai menilai bahwa Yesus mengajar sebagai orang yang berkuasa, bukan seperti ahli-ahli Taurat. Mereka sudah terbiasa diajar oleh ahli-ahli Taurat, namun ketika mereka mendengarkan Yesus ada sesuatu yang membedakannya. Mereka menyebut Yesus lebih berkuasa atau berwibawa.

Dalam rumah ibadat itu ada seseorang yang kerasukan roh jahat dan berteriak kepada Yesus. Yang menarik ada 3 hal yang roh jahat katakan: pertama, Hai Yesus orang Nazaret. Rupanya roh jahat ini mengenal bahwa Yesus dibesarkan di Nazaret. Kedua, bahwa kedatangan Yesus hendak membinasakan roh jahat. Dengan kata lain Yesus hadir menyatakan kuasa Allah dan kuasa roh jahat dikalahkan-Nya. Ketiga, roh jahat itu mengakui bahwa Yesus Yang Kudus dari Allah, artinya roh jahat paham betul bahwa Yesus itu utusan dari Allah yang Kudus. Sungguh luar biasa bahwa roh jahatpun mengakui keberadaan Yesus sebagai utusan Allah yang Kudus.

Mendengar perkataan roh jahat tersebut Yesus melarang roh jahat itu bicara terus, dan memerintahkan segera keluar dari orang tersebut. Sebelum keluar dari orang tersebut, roh jahat itu menggoncang-goncangkannya, serta menjerit dengan suara nyaring.

Melihat kejadian di rumah ibadat tersebut maka banyak orang menjadi takjub dengan kuasa yang dimiliki oleh Yesus. Mereka semakin yakin bahwa Yesus berkata-kata dengan kuasa, sehingga roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.

Maka dengan segera tersebarlah berita tentang Yesus yang berkuasa ke segala penjuru Galilea.

Refleksi
Ambil waktu untuk merenungkan seberapa dalam kita mengenal Yesus dan seberapa besarnya kita takjub dengan kuasa Allah? Apakah kita pernah menggunakan otoritas/wibawa sebagai anak-anak Allah untuk melawan kuasa roh jahat? 

Tekadku
Ya Tuhan, kami merasa malu, kalau hari ini kami diperlihatkan bahwa roh jahatpun mengenal Yesus dengan baik. Sadarkan kepada kami untuk terus menerus hidup di dalam kuasa anak-anak Allah, sehingga kami akan semakin mengenal dan merindukan Engkau setiap saat. 

Tindakanku
Hari ini, saya akan menyadari bahwa kuasa Allah diberikan kepada saya untuk terus menjadi anak-anak-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«