suplemenGKI.com

Tersisih Namun Diperhatikan

Lukas 19:1-10

 

Pengantar

Menjadi orang yang dapat diterima oleh masyarakat adalah harapan semua orang dan hal itu sangat menyenangkan. Apalagi kalau masyarakat mau menerima kita apa adanya. Namun bagaimana kalau yang terjadi sebaliknya, masyarakat tidak mau menerima kita karena apa yang kita kerjakan tidak disukai oleh mereka. Tentu kita akan mengalami kesedihan dan bahkan kesepian yang mendalam. Marikita melihat apa yang terjadi dengan Zakheus.

Pemahaman

Ay 1, Apa yang terjadi di kota Yerikho saat itu?

Ay 2-4, Apa yang Zakheus inginkan terhadap Yesus?

Ay 5-6, Apa yang Yesus katakan kepada Zakheus,dan bagaimana reaksi Zakheus?

Ay 7, Apa yang menjadi keberatan masyarakat waktu Yesus menerima Zakheus?

Ay 8, Apa yang Zakheus lakukan untuk memperlihatkan perilaku yang baru?

Ay 9-10, Apa yang Yesus ingatkan melalui peristiwa ini?

Dalam perjalanan Yesus memberitakan kabar baik, Ia masuk ke kota Yerikho dan berjumpa dengan penduduk kota Yerikho. Rupanya kehadiran Yesus sudah didengar bahkan ditunggu-tunggu masyarakat di sana, sehingga banyak orang yang ingin mendekat dan ingin berjumpa dengan Yesus. Termasuk Zakheus juga ingin melihat Yesus, namun karena banyaknya orang yang juga ingin melihat Yesus maka Zakheus mengalami kesulitan untuk melihat Yesus,apalagi tubuhnya pendek. Namun Zakheus tidak menyerah begitu saja,ia berlari mendahului rombongan dan memanjat pohon ara untuk dapat melihat Yesus.

Zakheus senang karena Yesus mau berhenti dan bercakap-cakap dengannya, bahkan bertambah senang manakala Yesus mau menumpang di rumahnya.

Namun masyarakat disekitar itu bersungut-sungut karena Yesus mau menumpang di rumah orang yang telah disisihkan dari masyarakat tersebut,bahkan masyarakat telah menganggap bahwa Zakheus adalah orang yang berdosa.

Zakheus menanggapi keluhan dari orang banyak tersebut dan memberikan respon yang positif kepada Tuhan Yesus, bahwa setengah dari miliknya akan diberikan kepada orang miskin dan yang merasa diperas akan diganti 4 kali lipat.

Respon yang positif dari Zakheus dibenarkan oleh Yesus dan diberi makna yang baru, bahwa keselamatan terjadi di rumah ini karena Zakheus juga anak Abraham. Karena untuk itulah Yesus datang yaitu mencari dan menyelamatkan yang hilang.

Yesus ingin masyarakat di kota Yerikho dapat menerima kembali Zakheus dalam pertobatannya, Yesus juga menegaskan bahwa Ia hadir di dunia ini justru mencari yang tersesat atau tersisih atau terhilang. Yesus mengingatkan bahwa semua manusia ini keturunan Abraham yang juga harus diperlakukan sama dihadapan Tuhan.
Refleksi
Renungkanlah: Adakah dalam hidupmu orang-orang yang engkau sisihkan? Seberapa besarkah kemauan kita untuk menolong yang tersisih?

Tekadku
Ya Tuhan, ampunkan kami kalau kami sengaja menyisihkan orang lain. Berilah semangat kepada kami untuk menolong mereka yang tersisih dalam masyarakat. Amin

Tindakanku
Hari ini aku mau memberikan waktu buat orang yang aku anggap tidak terlalu penting dalam hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«