suplemenGKI.com

KOLOSE 3:5-14

“MANUSIA BARU YANG TERUS DIPERBAHARUI”

 

PEMAHAMANKU
Natal  adalah peristiwa dimana Yesus datang untuk menebus dosa umat manusia, orang orang pilihan Allah, dan mereka dipersatukan dengan Kristus.  Maka ada perubahan dan perbedaan hidup yang harus diperhatikan oleh orang-orang yang telah dipersatukan dengan Allah.

Paulus menjelaskan dengan detail bagaimana kehidupan baru ini nyata dalam diri orang Kristen, khususnya hidup yang memiliki damai sejahtera dan ucapan syukur, melalui pergaulan yang karib dengan firman Allah dan ibadah.

Surat Kolose yang ditulis oleh Rasul Paulus mengatakan “… telah mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui… “.  Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kata ‘baru’ mempunyai penekanan arti pada sesuatu yang belum pernah ada (dilihat) sebelumnya.  Sebagai orang percaya, manusia lama kita telah mati dan dibangkitkan bersama dengan Kristus pada waktu mereka percaya dan dibaptis.  Kita menjadi manusia baru yang hidup dengan nilai yang benar seturut firman Tuhan.

Kolose 3, mulai ayat 5-14  berisi serangkaian perintah yang kemudian diberi penekanan tentang apa yang harus mereka lakukan, yaitu: matikanlah! (ayat 14); buanglah! (ayat 5-7); kenakanlah (ayat 8-11).  Di ayat 5-7 juga telah dirinci lima macam dosa yang harus mereka matikan; dilanjutkan dengan lima macam dosa yang harus mereka buang (ayat 8), dan disusul dengan perintah supaya mereka saling mengampuni (ayat13). 

Tidak lupa Paulus kemudian memberikan petunjuk menjalani hidup yang baru di ayat 12-14. Benar-benar kehidupan yang berbeda dengan manusia lama seseorang yang belum memiliki Kristus dalam hidupnya. 

REFLEKSIKU
Identitas manusia baru yang disandang orang-orang pilihan Allah adalah untuk yang benar-benar mencerminkan sifat dan karakter Allah. Diantaranya adalah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan, kesabaran, saling mengampuni dan mengenakan kasih sebagai pengikat yang mempersatukan.  Sudahkah kehidupanku sebagai orang Kristen benar-benar mencerminkan bahwa aku adalah anakNya?  Adakah cara hidupku yang harus diubah menjadi lebih baik lagi?

TEKADKU
Tuhan, aku mau berjuang lebih sungguh lagi untuk mengenal firman dan kehendakMu, supaya cara hidupku sungguh menunjukkan bahwa aku adalah milikMu.

TINDAKANKU
Hari ini aku tidak akan ………………….. seperti biasanya, melainkan akan bersikap …………….. seperti yang Engkau teladankan.  (pikirkan 1 sifat/karakter/kebiasaan buruk Anda yang akan Anda ubah)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«