suplemenGKI.com

Kamis, 27 April 2017

26/04/2017

Mazmur 116:12-19

MENGUCAPSYUKUR ATAS PERTOLONGAN ALLAH

 

Pengantar
Kadangkala mengucap syukur adalah hal yang sangat sering terlupakan. Mengucap syukur bagi sebagian orang adalah hal sepele namun sering diabaikan. Padahal mengucapsyukur seringkali bukan perkara mudah. Harus ada hal yang melatarbelakangi mengapa umat harus mengucapsyukur. Atau dengan kata lain harus ada alasan nyata mengapa umat mengucapsyukur. Pemazmur mengajarkan kepada umat pentingnya mengucapsyukur dan mengapa harus mengucapsyukur.

Pemahaman

Ayat 12-14           Apa yang mendorong pemazmur untuk selalu mengucapsyukur?

Ayat 15-16           Siapakah yang berharga dimata Allah?

Ayat 17-19           Kepada siapakah ungkapansyukur ditujukan? Dan apa tujuannya?

Daud termotivasi untuk selalu mengucapsyukur kepada Allah karena ia sendiri menyaksikan bagaimana kebaikan Allah dalam hidupnya dan dalam kehidupan bangsa Israel (ayat 12-14). Disaat dia menghadapi banyak musuh dan banyak persoalan, Allah tetap menolong. Disaat pergumulan datang menghimpit, Daud tetap merasakan bahwa Allah tidak pernah meninggalkannya dan meninggalkan umat-Nya. Bahkan Allah melepaskan semua belenggu persoalan dari kehidupan Daud dan bangsa Israel.

Dalam nyanyiannya, Daud memperlihatkan kepada semua orang betapa berharganya manusia dihadapan Allah (ayat 15-16). Allah tidak pernah menghendaki umatNya binasa. Allah menghendaki umat hidup dalam damai sejahtera. Itulah sebabnya Allah tidak pernah meninggalkan umat-Nya. DIA selalu memperlihatkan kasih-Nya yang besar kepada semua orang yang percaya kepada-nya.

Bait Allah bagi Daud adalah tempat kediaman Allah. Disanalah Allah bersemayam. Persembahan syukur hendak disampaikannya di pelataran bait Allah agar semua orang menyaksikan bahwa Allah layak dipuji dan dipermuliakan (ayat 17-19).

Jika Daud tidak henti-hentinya mengucapsyukur, bagaimana dengan umat dimasa kini? Sudahkah umat merefleksikan perjalan hidupnya yang penuh lika liku? Dan adakah umat menyadari bahwa Allah telah menyertai umat sehingga mereka mampu melewati setiap persoalan dalam hidupnya? Daud memberikan pelajaran yang sangat berharga betapa pentingnya selau mengucapsyukur. Karena kesetiaan Allah yang tidak pernah berhenti dalam kehidupan umat.

Refleksi
Sudahkah kita termotivasi untuk selau mengucapsyukur kepada Allah? Ataukah kehidupan kita hanya dipenuhi keluhan-keluhan sehingga kita tidak pernah bersyukur kepada Allah?

Tekadku
Ya, Allah mampukan kami untuk selau bersyukur kepada-Mu disegala keadaan. Jangan biarkan hidup kami hanya dipenuhi keluhan-keluhan namun mengabaikan kebaikan-Mu dalam hidup kami

Tindakanku
Tekun berdoa dan bersaat teduh

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«