suplemenGKI.com

Yakobus 1:17-18

Lawanlah Godaan

PENGANTAR
Setiap kita tentu masih mengingat kisah kejatuhan Adam dan Hawa dalam dosa (Kej.3). Dalam peristiwa itu ada hal yang sangat menarik, yaitu Adam dan Hawa sama-sama tidak ingin dipersalahkan atas tindakan yang telah mereka lakukan. Keduanya sama-sama tidak mampu mengendalikan hawa nafsu kedagingan mereka, namun sama-sama pula tidak ingin dipersalahkan atas perbuatan yang telah dilakukan. Manusia seringkali mempersalahkan pihak lain ketika mereka jatuh dalam berbagai pencobaan. Yakobus mengingatkan bahwa pencobaan yang dialami manusia sebenarnya berasal dari dirinya sendiri. Sehingga tidak selayaknya manusia mempersalahkan pihak lain, bahkan mempersalahkan ALLAH.

PEMAHAMAN
Benarkah ALLAH merancangkan hal yang buruk kepada umat-Nya? (Yak 1:17)

Apakah rencana ALLAH atas kehidupan umat-Nya? (Yak 1:18)

Manusia seringkali tidak menyadari bahwa keinginan daging yang begitu kuat dalam dirinyalah yang menjadi penyesat. Manusia tanpa sadar telah mencobai dirinya sendiri. Ketika manusia jatuh dalam pencobaan manusia tidak segan-segan mempersalahkan ALLAH. Bagi Yakobus hal ini adalah sebuah bentuk penyesatan. Yakobus menyadari bahwa ALLAH tidak pernah memberikan dan merencanakan hal yang buruk kepada umat yang dikasihi-Nya. ALLAH adalah ALLAH yang setia. ALLAH yang kasih-Nya tidak dipengaruhi oleh situasi dan keadaan apapun.

Karya keselamatan merupakan wujud nyata betapa besarnya kasih ALLAH kepada umat-Nya. Melalui karya keselamatan umat telah menjadi yang tersulung dari seluruh ciptaan ALLAH. Hal ini tentunya terjadi bukan tanpa alasan. ALLAH menghendaki umat yang telah dipilih dan diselamatkan menjadi teladan bagi dunia. Oleh karena kehendak ALLAH itu, umat diharapkan mampu mengendalikan diri agar tidak menjadi sama dengan dunia ini.

REFLEKSI
Tidak mudah mengendalikan diri dari keinginan daging. Apalagi godaan dunia saat ini begitu kuat disekitar kita. Namun Allah menghendaki kita untuk melakukan semua itu. Perlu kesungguhan untuk bersedia memberi diri dipimpin oleh Roh.

TEKAD
Ya ALLAH betapa sulitnya melepaskan diri dari keinginan daging, namun saya mohon mampukan saya untuk hidup seturut dengan kehendak-Mu. Kuatkan saya untuk tidak tergoda oleh gemerlapnya dunia ini.

TINDAKAN
Menjadi teladan bagi sesama dimulai dari hal-hal kecil. Menebar kebaikan dan membagikan kasih kepada sesama. Tidak membiarkan diri untuk terjerumus pada hal-hal negatif yang merugikan diri dan sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«