suplemenGKI.com

MENANTI PERTOLONGAN TUHAN DENGAN SETIA

Yesaya 64 : 1-9

 

PENGANTAR
Menurut kalender gereja, menjelang hari natal terdapat masa-masa adven. Ada empat minggu adven setiap tahunnya, dan pada tahun ini akan dimulai pada hari minggu 29 November 2020. Arti dari adven adalah menanti kedatangan Kristus. Secara harafiah hal ini bisa dimaknai bahwa  gereja sedang menunggu datangnya hari natal. Namun secara rohani pada masa-masa adven ini gereja sedang menanti kedatangan kembali Tuhan Yesus Kristus, yang akan datang kembali dengan kekuasaan yang menakjubkan. Untuk itu pada masa-masa adven ini merupakan kesempatan bagi umat percaya untuk merenung dan berhenti sejenak untuk melihat diri kita sendiri. 

PEMAHAMAN

  1. Apakah harapan umat Israel kepada Tuhan ? ( ayat 1-5 )
  2. Kesadaran apa saja yang dimiliki umat Allah dalam pengharapannya ? ( ayat 6-9 )

Bangsa Israel sangat menderita dalam pembuangan. Dalam penderitaan yang sangat berat itulah mereka menantikan pertolongan Tuhan. Mereka berharap bahwa Tuhan Allah akan membela umat-Nya dengan cara yang dahsyat. Tepat seperti ungkapan Yesaya di ayat 1-2, “Sekiranya Engkau mengoyakkan langit dan Engkau turun….”.. permohonan ini merupakan keyakinan mereka bahwa Allah yang mereka sembah adalah Allah yang berkuasa atas langit dan bumi. Mereka memohon supaya Allah bertindak menolong mereka, karena penderitaan yang mereka alami sangat berat.

Namun ada sebagian dari mereka yang sadar bahwa penderitaan yang mereka alami adalah akibat dosa mereka sendiri ( ayat 5-6). Diayat 5 dikatakan “Sesungguhnya, Engkau ini murka, sebab kami berdosa”, dan akibatnya mereka menganggap bahwa Tuhan meninggalkan mereka ( ayat 7 ). Itu sebabnya nabi Yesaya, mewakili umat Israel, memohon belas kasihan Tuhan seraya mengakui bahwa Tuhan adalah Bapa mereka. Gambaran Tuhan Allah sebagai Bapa hendak menjelaskan bahwa Bapa mengetahui kesalahan umat sebagai anak yang memerlukan pengampunan. Dan melalui pengampunan itulah umat akan mendapat pertolongan Tuhan.

Dari hal tersebut kita diajarkan bahwa dalam menantikan pertolongan Tuhan diperlukan kesabaran dan kesetiaan kepada Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Jika anda sedang mengalami penderitaan dalam waktu yang lama. Bagaimana sikap anda dalam menanti pertolongan Tuhan.

TEKADKU
Ya Tuhan, ketika kami terpuruk dalam masa-masa sulit, bagi kami tidak mudah untuk menunggu pertolongan Tuhan dengan sabar dan setia. Topanglah kami supaya kami mampu menunggu pertolongan-Mu dengan setia.

TINDAKANKU
Saya harus belajar sabar dan setia menunggu pertolongan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«