suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 148

Tema : Hanya Tuhan yang layak dipuji

Pengantar
Bila kita mendengar kata puji-pujian maka biasanya yang terbayang adalah lantunan lagu/nyanyian yang dikumandangkan jemaat dalam sebuah ibadah dihari minggu. Dalam ibadah minggu itulah setiap anggota  jemaat memiliki kesempatan untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan sang penguasa kehidupan. Ya, itu betul sekal. Namun dalam Mazmur 148, pemazmur ingin memperlihatkan sebuah aspek yang berbeda tentang pujian.

Pemahaman

  1. Mengapa pemazmur mengajak untuk memuji Tuhan ? ayat 13-14
  2. Siapa saja yang diajak untuk memuji Tuhan ? ( ayat 1 – 12
  3. Mengapa kita juga memuji Tuhan ?

Kesadaran pemazmur terhadap Tuhan Allah sang pencipta alam semesta dan segala isinya juga kepercayaan kepada Tuhan yang Maha besar dan Mahakuasa menjadikan pemazmur untuk mengagungkan nama Tuhan. Pemazmur menyadari bahwa Tuhanlah pencipta langit dan bumi juga alam semesta. Dan Dia layak untuk menerima pujian. Pujian yang dinaikkan kepada Tuhan Allah bukan hanya untuk pemazmur pribadi. Pemazmur juga mengajak kepada seluruh ciptaan baik yang bernafas maupun tidak. baik yang ada di sorga, langit, bumi maupun yang ada di bawah bumi, semuanya diajak untuk memuji Tuhan Allah. Ajakan agar seisi sorga, langit, bumi dan di bawah bumi untuk memuji Tuhan hendak menegaskan kebenaran bahwa memang Tuhan Allah adalah pencipta atas semua itu. Ini merupakan perlawanan terhadap kepercayaan para penyembah berhala yang menyembah benda-benda langit, benda-benda di bumi dan penghuni lautan. Sebab hanya Tuhan Allah saja yang layak di puji.

Pemazmur juga mengingatkan kita bahwa, ibadah/kebaktian merupakan puncak dari setiap kejadian dari hari ke hari dalam kehidupan kita. Bahwa Tuhan Allah selalu dan terus berkarya dalam kehidupan kita. Keagungan dan semarak Allah yang begitu dahsyat dengan cinta kasih-Nya dapat membangkitkan luapan pujian dalam ibadah kepada Tuhan Allah. Artinya bahwa didalam setiap aspek kehidupan kita dimanapun kita berada dan kemanapun kita melangkah kita dapat menjumpai beribu alasan untuk bersyukur dan memuji Tuhan. Untuk itu pujilah Tuhan selalu karena Dia layak menerima pujian. Amin.

Refleksi
Tuhan Allah adalah Sang pencipta alam semesta yang sangat dahsyat. Dia layak untuk dipuji dan dimuliakan. Apakah anda sudah memuliakan Tuhan Allah ?

Tekadku
Ya Tuhan Allah ! ampunilah saya karena dalam hidup ini saya kurang bersyukur dan memuliakan Tuhan.

Tindakanku
Mulai hari ini saya harus memuliakan nama Tuhan setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«