suplemenGKI.com

Kamis, 26 April 2018

25/04/2018

JANGAN LUPA BERSYUKUR

Mazmur 22:23-32

 

Pengantar
Arti dari peribahasa “bagaikan kacang lupa kulitnya” yang pertama adalah orang yang dulunya miskin setelah menjadi kaya lupa asal usulnya. Yang kedua, seseorang yang menjadi sombong, tidak tahu diri dan lupa asal usulnya. Apakah yang saudara lakukan jika permohonan atau doa saudara dijawab atau dikabulkan oleh Tuhan? Pastilah kita akan bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, bahkan kita akan berusaha untuk menyenangkan hati Tuhan melalui pelayanan kita. Jangan sampai kita disebut seperti peribahasa di atas, ketika kita sudah mendapat apa yang kita doakan tetapi kita lupa kepada Tuhan yang telah menolong kita dari masalah kita. Lupa untuk beryukur sebagai tanda terima kasih kita kepada Tuhan. Bacaan hari ini adalah berbagai bentuk ucapan syukur pemazmur atas doa yang telah ia naikkan kepada Tuhan.

Pemahaman

  • Ayat 23-27    : Apa saja yang akan dilakukan oleh pemazmur sebagai ucapan syukurnya di hadapan Tuhan? Dan apa yang menjadi keyakinan pemazmur ketika ia berdoa kepada Tuhan?
  • Ayat 28-32    : Apa yang menjadi harapan pemazmur untuk generasi yang akan datang?

Pemazmur menunjukkan rasa syukurnya kepada Tuhan dengan memuji Tuhan untuk pertolongan yang akan datang, ia juga mengajak umat Tuhan untuk memuji Tuhan (Ay. 23-24, 26-27). Pemazmur merasakan penyertaan Allah yang sungguh luar biasa dalam hidupnya. Ia akan mewartakan siapakah Allah kepada manusia lain sehingga mereka pun dapat berharap dan memuliakan Allah. Keyakinan pemazmur adalah bahwa Tuhan tidak melupakan atau membuang dirinya (Ay. 25a), sebaliknya Tuhan akan mendengar dan menolongnya (Ay, 25b). Itulah sebabnya pemazmur bertekad untuk melaksanakan nazarnya (Ay. 26b).

Pemazmur tahu bahwa Tuhan berdaulat atas isi seluruh bumi (Ay. 28-29), ia berharap semua akan tunduk di hadapan-Nya, semua yang dulu menentang-Nya dengan sombong juga semua yang tetap setia dan berharap kepada-Nya. Pemazmur juga berharap anak-anak cucunya akan beribadah kepada Tuhan Allah yang telah menyelamatkan dan menolongnya dari kesengsaraan, dia juga akan menceritakan tentang Tuhan kepada angkatan-angkatan yang akan datang (Ay. 31). Mereka akan memberitakan keadilan-Nya kepada bangsa yang akan lahir nanti, sebab Ia telah melakukannya (Ay. 32). Pemazmur tidak lupa kepada Pribadi yang telah menolong dan menyertainya. 

Refleksi
Renungkanlah: Apa yang saudara telah lakukan selama ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas pertolongan, penyertaan dan anugerah Tuhan bagi saudara! 

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya supaya saya selalu mengingat Engkau dalam segala aspek hidupku, tidak lupa diri dengan keberadaanku saat ini, karena saya sadar semua berasal dari-Mu dan karena pertolongan dan anugerah-Mu saya bisa menjadi sekarang ini.

Tindakanku
Saya akan mewujudkan rasa terima kasih saya kepada Tuhan dengan memuji Tuhan dengan sungguh-sungguh, menceritakan pertolongan Tuhan kepada orang lain, memberi diri saya untuk melayani Tuhan, atau dengan cara yang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«