suplemenGKI.com

KAMIS, 26 APRIL 2012

25/04/2012

DUNIA TIDAK MENGENAL KITA

1 Yohanes 3: 1-10

 

PERTANYAAN PENUNTUN PEMAHAMAN ALKITAB

  1. Ayat 1: “Dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah.” Bagaimana Anda memahami maksud perkataan ini? Berilah contoh keadaan yang membuktikan bahwa status Anda sebagai anak-anak Allah membawa Anda ‘tidak dikenal dunia’!
  2. Ayat 2: Apa yang menjadi tujuan akhir dari hidup orang Kristen? Sudahkah tujuan ini juga menjadi kerinduan atau target yang ingin Anda capai dalam hidup Anda?
  3. Ayat 3: Bacalah dengan saksama ayat ini sekali lagi dan coba Anda hafalkan! Bagaimana pengharapan dan tujuan hidup Anda (spt di pertanyaan no.2) itu mempengaruhi cara hidup Anda?
  4. Ayat 4-6: Tindakan konkrit apa yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan harapan/tujuan hidup Anda tersebut di atas?

 

RENUNGAN

Kasih karunia Bapa yang telah mengangkat kita menjadi anak-anakNya, bukan hanya mengubahkan status kita, melainkan juga mengubahkan cara hidup kita secara total. Karya Allah bukan hanya membawa kita pada hubungan yang baru dengan Bapa, tetapi juga hubungan yang baru dengan dosa. Karena dosa berasal dari Iblis (ay.8), maka anak-anak Allah tidak berhubungan lagi dengan dosa. Dunia adalah gambaran dari dosa yang memisahkan kita dari Allah. Dunia tidak mengenal kita karena dunia juga tidak mengenal Allah. Jika demikian kebenarannya, maka tidak perlu heran jika orang Kristen nampak berbeda dengan dunia pada umumnya. Cara pandang, cara berpikir, cara berprilaku orang Kristen berbeda dengan dunia atau orang-orang yang tidak mengenal Allah. Justru mengherankan apabila orang Kristen tidak ada bedanya dengan orang-orang yang tidak mengenal Tuhan. Hubungan yang baru dengan Allah mengarahkan kita semua anak-anakNya untuk mencapai tujuan hidup yang sama yaitu menjadi sama seperti Kristus. Hal ini adalah sebuah kerinduan yang harus dimiliki oleh semua orang Kristen dan diupayakan dengan sungguh-sungguh dengan cara menyucikan diri terus menerus. Tindakan menjaga kesucian diwujudkan dengan tidak terus melibatkan diri dalam dosa melainkan meninggalkannya hari demi hari. Dan jangan lupa, bukan hanya terus memerangi dosa itu sendiri dengan menjauhinya, melainkan melakukan segala daya upaya untuk mengenal Allah dengan baik (ay.6). Jika kita hanya lari dan menjauhi dosa tetapi tidak menambah kedekatan kita dengan Allah, maka semua usaha kita akan sia-sia. Tetaplah berada di dalam Dia supaya Anda semakin mengenalNya.

 

Jika dosa menggoda Anda, jangan hanya menjauh darinya dan kemudian berdiam di posisi aman Anda sendiri, melainkan berlarilah mendatangi Allah dan lakukan apa yang Ia minta.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«