suplemenGKI.com

Filipi 2:5-11

“MELAYANI SEBAGAI HAMBA”

PENGANTAR

Melanjutkan bacaan kita kemarin, di bagian ini Rasul Paulus memberikan gambaran nyata tentang arti merendahkan hati dan gambaran itu didapatinya dalam diri Yesus Kristus.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 5-8: Jalan hidup seperti apa yang diteladankan Kristus kepada kita? Sebutkan minimal tiga sikap yang telah ditunjukkan oleh Yesus Kristus kepada kita?
  2. Ayat 9-11: Ketika Kristus menunjukkan pelayanan dan hidupNya yang penuh dengan kerendahan hati, apa yang terjadi padaNya?
  3. Bagaimana ayat-ayat ini menjawab alasan-alasan atau kekuatiran orang pada zaman sekarang dalam hal meneladani jalan hidup Yesus?

Kemarin kita baru merenungkan tentang kerendahan hati. Hari ini kita kembali diperjelas bahwa cara Yesus menunjukkan kerendahan hatiNya adalah dengan jalan hidup menghamba (melayani). Dengan jalan hidup yang seperti ini, seseorang bisa kehilangan haknya demi orang lain. Yesus juga demikian. Kristus rela melepaskan kehormatanNya (kesetaraan dengan Allah), melepaskan kepentinganNya (mengosongkan diri, menjadi hamba), dan mengorbankan diriNya bagi orang lain. Ia mengabaikan hakNya demi umat manusia yang dikasihiNya. Dan sebagai hasilnya, ketika Kristus merendahkan diri, Allah meninggikan Dia dan seluruh mahluk menyembah Dia. Prinsip ini sama dengan apa yang Yesus ajarkan bahwa barangsiapa yang merendahkan diri akan ditinggikan dan barangsiapa meninggikan diri akan direndahkan. Dengan demikian, renungan hari ini mengingatkan akan beberapa hal, yaitu: (i) Jalan untuk menuju pada kemuliaan adalah dengan merendahkan hati. Pada saat kita merendahkan hati, kita tidak akan kehilangan apa-apa (walau mungkin diawal kita merasa banyak kehilangan), tetapi justru kita sedang menggapai sesuatu yang lebih mulia, yaitu keserupaan dengan Kristus; (ii) Ukuran atau penilaian kemuliaan yang harus dikejar oleh kita adalah kemuliaan dalam penilaian Allah dan kemuliaan itu selalu tidak lepas dari keberadaan diri kita yang makin hari makin serupa dengan Kristus.  Karena itu kita jangan menolak cara-cara Allah memproses kita, walau itu dengan jalan hidup menghamba atau melayani dan mengabaikan hak-hak kita.

REFLEKSIKU

Apa yang seringkali membuat orang sulit dan bahkan tidak mau melepaskan hak-haknya demi orang lain? Apakah Anda sedang menghadapi pergumulan tentang ini akhir-akhir ini? Renungkanlah kembali apa yang Yesus Kristus lakukan bagi Anda selama ini.

TEKADKU

Tuhan Yesus, firmanMu mengingatkanku bahwa aku sedang hidup di tengah dunia yang menertawakan orang-orang yang rela kehilangan haknya demi orang lain. Mereka lebih bangga ketika bisa menindas dan menang atas sesamanya. Mampukan aku meneladaniMu dalam kesediaanku melayani Engkau melalui sesamaku. Mampukan aku rela kehilangan apa yang berharga bagi dunia ini namun aku mendapatkan bagian terindah di dalam Engkau. Amin.

TINDAKANKU

Bagaimana Anda akan menerapkan jalan hidup Kristus hari ini? Mulailah pada anggota keluarga/orang-orang terdekat Anda setelah Anda selesai bersaat teduh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*