suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Timotius 4 : 1-5

Tema :  Panggilan pelayanan

PENGANTAR
Bila mendengar kata “pelayanan” yang ada dalam pikiran kita adalah kegiatan yang dilakukan para hamba Tuhan/pendeta, majelis jemaat, guru sekolah minggu, misionaris dan lain sebagainya. Sesungguhnya “pelayanan” itu merupakan tanggung jawab setiap umat Kristen, karena keterlibatan setiap umat Kristen ( kita ) sangat dibutuhkan. Jadi setiap umat Kristen memiliki peranan yang harus dijalankan, dan setiap peran itu penting.

Melalui bacaan hari ini kita akan merenungkan nasehat rasul Paulus kepada Timotius untuk memenuhi panggilan pelayanan yang telah Tuhan percayakan kepadanya.

PEMAHAMAN

  1. Apa pesan rasul Paulus kepada Timotius yang harus dikerjakan ? ( ayat 1-2 )
  2. Mengapa rasul Paulus berpesan demikian ? apa alasannya ? ( ayat 3-4 )
  3. Bagaimana seharusnya Timotius menjalankan tugas panggilannya ? ( ayat 5 )

Menyadari bahwa perjalanan hidupnya sudah tidak lama lagi, sedangkan tugas pelayanan yang Tuhan percayakan kepadanya masih panjang, maka rasul Paulus berpesan dengan sungguh-sungguh kepada Timotius untuk melanjutkan tugas pelayanan yang belum selesai. Apa pesan Paulus kepada Timotius ? pesannya adalah : Beritakan Firman atau berita Injil. (2). Rasul Paulus menegaskan bahwa kapanpun waktunya dan bagaimanapun keadaannya Timotius harus siap sedia untuk memberitakan firman Tuhan, menegor dan menasehati berdasarkan firman dan kasih. Tugas untuk memberitakan Injil tersebut sangatlah penting, harus dan tetap dikerjakan. Mengapa demikian ? rasul Paulus memberi alasan bahwa akan datang waktunya orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan mereka (3). Bukankah hal ini merupakan tugas yang tidak mudah ! walaupun demikian pemberitaan firman harus tetap dilaksanakan. Itu sebabnya rasul Paulus mengingatkan Timotius agar menguasai diri dan sabar menderita ketika Timotius melakukan tugas pelayanannya. (5).

Kita yakin bahwa Timotius dapat menjalankan tugas pelayanan dengan baik dan penuh tanggung jawab sampai akhir hidupnya. Namun Firman Allah ( Injil ) harus tetap diberitakan ! tugas siapakah itu ? Pemberitaan Firman Allah (Injil) adalah tugas kita semua, tanpa kecuali. Oleh sebab itu marilah kita kerjakan tugas tersebut dengan sebaik mungkin dan dengan penuh tanggung jawab. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak ! renungkanlah : Tahukah anda bahwa tugas pelayanan gereja termasuk pemberitaan Injil adalah tugas anda ? Bagaimana respon anda terhadap tugas tersebut ?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya untuk dapat menjalankan tugas pelayanan yang menjadi tanggung jawab saya, dengan baik.

TINDAKANKU
Aku harus berani bersaksi dengan cara menceritakan pertolongan Tuhan kepada orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«