suplemenGKI.com

BERDOA BAGI BANGSA

Mazmur 122:6-9

 

Pengantar

Berapa jemaat yang hadir dalam doa malam atau doa pagi di gereja kita? Dapat dihitung jari atau setengah dari jemaat kita semua datang. Peristiwa ini juga terjadi di Gereja Jalan Fulton, New York.Ketika pada tahun 1857 jemaat turun drastis, gembala setempat meminta Jeremiah Lamphier untuk menjangkau New York bagi Tuhan. Dia segera mencanangkan gerakan doa tengah hari. Dia membuat brosur dan membagikan ke setiap orang yang berminat. Ketika hari H tiba, ternyata tidak ada yang datang. Jeremiah Lamphier berdoa seorang diri. Sekitar dua puluh menit kemudian, di tengah doanya, dia mendengar langkah kaki menaiki tangga. Berikutnya ada dua tiga orang lagi menyusul. Akhirnya gereja dipenuhi oleh orang yang berdoa syafaat bagi New York. Api mulai menyebar. Sebulan kemudian gerakan doa tengah hari diadakan di seluruh pelosok New York. Ketika melihat antusias pekerjanya untuk berdoa, banyak pemimpin pabrik mengubah jam istirahat karyawan ke pukul 11.55 untuk memberi pekerjanya kesempatan berdoa selama satu jam. Hal ini mengingatkan kita pada ajakan Pemazmur untuk berdoa.

Pemahaman

  • Ayat 6             : Ajakan apakah yang diberikan pemazmur kepada para peziarah yang datang ke Yerusalem?
  • Ayat 6-9         : Apa yang menjadi pokok doa pemazmur bagi Yerusalem?

Perasaan damai, tentram dan sukacita tak terhingga dirasakan oleh pemazmur, sehingga pemazmur menyerukan dan mengajak para peziarah untuk berdoa bagi kesejahteraan Yerusalem. Terutama untuk persatuan penghuninya dan melindungi mereka dari serbuan musuh. Hal ini menunjukan kepedulian dan rasa memiliki atas Yerusalem. Pokok doa pemazmur bagi Yerusalem adalah: untuk seluruh penduduk yang ada di lingkungan tembok, mulai dari yang berkedudukan tinggi sampai yang paling rendah. Berdoa bagi para raja dan penguasa atau para pemimpin negeri yang ada di dalam puri.

Dalam renungan kali ini kepedulian untuk bersyukur dan berdoa adalah solusi yang terbaik artinya kita mengandalkan Tuhan selalu ketika mengalami masalah dalam kehidupan ini. Kita melihat dan mendengar keadaan negeri kita tercinta Indonesia saat ini dengan begitu banyak permasalahan yang terjadi.  Mari kita berdoa untuk pemimpin negeri, kota-kota, suku-suku bangsa yang tersebar di wilayah Indonesia tanpa terkecuali, sebab  Berdoalah bagi kesejahteraan Yerusalem:“  (Mazmur 122:6).  Karena itu sebagai orang Kristen kita tidak boleh bersikap apatis dan hanya mementingkan diri sendiri.  Kita harus bisa menjadi terang dan garam bagi bangsa ini!  Jika semua anak Tuhan yang ada di negeri ini bersehati sepakat merendahkan diri dan berdoa kepada Tuhan, perkara yang ajaib dan dahsyat pasti terjadi, Indonesia dipulihkan dan dimenangkan bagi Tuhan.

 

Refleksi

Tidakkah kita terbeban berdoa untuk pemulihan bangsa ini seperti yang dilakukan pemazmur?  Sejauh mana kita peduli bagi bangsa ini untuk mendoakan?Apa dampak langsung bagi hidup kita, jikalau bangsa kita dalam keadaan penuh dengan kesejahteraan?

Tekadku

Ya Tuhan, Kami memohon belas kasihanmu kepada negara kami Indonesia. Kami merindukan Tuhan memberikan pemulihan kepada bangsa kami seperti Tuhan melakukannya bagi Yerusalem. Pimpinlah bangsa kami dan pakailah para pemimpin di negeri ini untuk membawa kesejahteraan bagi kami.

Tindakanku

Saya akan menjadwalkan dalam doa pribadi saya untuk berdoa bagi bangsa setiap minggu dan juga mengikuti persekutuan doa yang diadakan di gereja saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«