suplemenGKI.com

Kamis, 24 Mei 2012

23/05/2012
Jesus The Water Of Life

Jesus The Water Of Life

Yoh 7:37 – 44

Yesus Sumber Air Hidup

                Tuhan Yesus pernah mengunakan kata  air untuk menerangkan hidup yang kekal kepada perempuan Samaria, pada waktu itu Tuhan Yesus menggunakan kata “air hidup” hanya untuk seorang pribadi saja. Namun pada bagian ini Tuhan Yesus menggunakan kata “air hidup” kepada banyak orang.

  1. Apa yang dimaksud oleh Tuhan Yesus dengan perkataan “Barang siapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum!”?
  2. Apa dampak dari perkataan Tuhan Yesus tersebut?
  3. Apa dampak dari orang yang mau menerima perkataan tersebut?
  4. Mengapa banyak orang yang tidak mau menerima perkataan Tuhan Yesus?
  5. Apa yang dapat kita pelajari dari bagian ini?

 

Renungan:

Pada kitab Yohanes pasal 7 ini, diceritakan bahwa Tuhan Yesus bersama murid-murid dan saudara-saudaraNya merayakan hari raya Pondok Daun. Banyak orang yang sudah tahu tentang Yesus dan mulai mencari-cari, akankah Tuhan Yesus hadir dalam perayaan Pondok Daun?

Diceritakan bahwa Yesus masuk ke Bait Allah lalu mengajar di sana (ay 14). Banyak orang yang heran akan kemampuan atau pengetahuan yang Yesus miliki, namun juga banyak orang yang tidak menyukai keberadaan Yesus ditempat tersebut, bahkan mereka sudah ada yang berusaha untuk menangkap Dia, namun tidak ada seorangpun yang dapat menyentuh Dia (ay 30).

Pada hari terakhir perayaan tersebut, Tuhan Yesus berdiri dan berseru:”Barang siapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum”? Tuhan Yesus menawarkan kepada orang yang hadir pada waktu itu untuk percaya kepada Dia. Dan Yesus memberikan jaminan bahwa setiap orang yang percaya kepadaNya, dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup. Dan orang yang percaya kepadaNya akan menerima Roh yang hidup dalam kehidupannya.

Dampak dari ajakan Tuhan Yesus, ada yang menerimaNya dan berkata: “Ia ini benar nabi yang akan datang, Ia adalah Mesias”. Namun juga ada yang tidak mau percaya dan berkata: Ia bukan Mesias, dan Mesias tidak datang dari Galilea. Perbedaan dua pendapat ini menimbulkan pertentangan diantara mereka sendiri. Dari orang-orang yang menentang Tuhan Yesus, ada yang berusaha untuk menangkap Tuhan Yesus, namun tidak ada seorangpun yang berani menyentuhNya (ay 44)

Orang-orang yang tidak dapat menerima atau yang tidak dapat percaya kepada Yesus, seringkali terjadi karena mereka selalu melihat asal usul Yesus. Mereka selalu melihat bahwa Yesus anak dari Yusuf si tukang kayu, Yesus bukan dari golongan orang Farisi, Yesus bukan Mesias karena Mesias berasal dari keturunan Daud, yang pasti bagi mereka Yesus itu manusia biasa.

Siapakah sesungguhnya Yesus bagi kita? Yesus maumengingatkan orang sejamanNya dan sekarang kepada kita, bahwa Ia adalah sumber air hidup. Barangsiapa percaya dalam nama Yesus maka dalam hidupnya akan mengalir aliran-aliran air hidup.  Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan dapat menjadi berkat bagi banyak orang, karena Roh Allah hidup di dalam kehidupannya.

Mari kita melekat terus kepada Sumber Air Hidup itu dan jangan pernah sekali-kali meninggalkan Sumber Air Hidup itu kalau kita tidak ingin binasa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»