suplemenGKI.com

Mazmur 19:8-15

TAATILAH FIRMAN-NYA

Pengantar

Firman-Mu plita bagi kakiku, Terang bagi jalanku
Firman-Mu Plita bagi kakiku, Terang bagi jalanku

Waktu ku bimbang, dan hilang jalanku
Tetaplah Kau di sisiku
Dan tak’kan ku takut, asal Kau di dekatku
Besertaku selamanya

Kita pasti mengenal lirik nyanyian diatas. Lirik nyanyian diatas adalah lirik lagu berjudul firman-Mu plita bagi kakiku. Nyanyian ini sangat terkenal. Nyanyian yang hendak mengungkapkan betapa pentingnya firman Tuhan bagi kehidupan umat.

Dalam mazmur pujiannya, Daud juga mengungkapkan hal yang sama. Daud memandang pentingnya firman Tuhan dalam kehidupan umat.

Pemahaman
Ayat 8-9               Bagaimanakah penilaian Daud terhadap peraturan dan ketetapan dari Tuhan?
Ayat 10-11           Bagaimana sikap yang sejalan dengan ketetapan dan hukum Tuhan?
Ayat 12-15           Bagi Daud apakah peran dan fungsi dari ketetapan dan hukum Tuhan ?

Daud menilai bahwa ketetapan dan peraturan dari Tuhan merupakan pedoman dan penuntun bagi umat Tuhan (ayat 8-9). Peraturan dan ketetapan dari Tuhan juga menolong umat untuk hidup kudus dihadapan Tuhan. Umat dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang jahat. Itulah sebabnya ketetapan dan peraturan dari Tuhan sangat berharga dan bernilai. Dengan mematuhi peraturan dan ketetapan dari Tuhan, berarti umat hidup takut akan Tuhan (ayat 10-11). Secara pribadi Daud mengungkapkan dalam nyanyiannya, bahwa ketetapan dan hukum yang termaktub dalam firman Tuhan memberikan rambu bagi Daud dalam bertingkah laku (ayat 12-13). Dengan firman Tuhan Daud semakin tahu apa yang baik dan yang berkenan dihadapan Allah. Itulah sebabnya dalam nyanyiannya, Daud menaikkan permohonan agar Allah menjaga dan melindungi dirinya dari kesesatan (ayat 14-15)

Adakah umat Tuhan dimasa sekarang mengerti dan memahami mengapa firman Tuhan sangatlah berarti dan berharga? Tanpa firman Tuhan umat akan tersesat dan hidup dalam kegelapan yang membawa kedalam maut. Firman Tuhan lebih berharga dari apapun, oleh karena menuntun umat pada kebaikan dan kebenaran.

Refleksi
Umat Tuhan tidak akan pernah mengetahui yang baik dan yang jahat tanpa berpegang pada firman Tuhan. Firman Tuhan seharusnya menjadi bagian yang penting dalam hidup umat. Jika umat ingin hidupnya sungguh menjadi terang dan berkat bagi orang lain, maka firman Tuhan harus menjadi yang utama.

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami untuk terus belajar menyelami firman-MU agar kami semakin mengenal dan mengetahui jalan-jalan-MU dan kehendak-Mu

Tindakanku
Menyediakan waktu untuk belajar Alkitab

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«