suplemenGKI.com

Kamis, 24 April 2014

23/04/2014

Orang Kristen sebagai umat pilihan Allah

 

Bacaan : 1 PETRUS 1 : 1,2

 

Pengantar
Surat Petrus yang pertama di tulis oleh Rasul Petrus ditujukan kepada orang-orang pendatang (orang Kristen) yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadolcia, Asia kecil dan Bitiria (1:1). Orang-orang Kristen tersebar kemana-mana dampak dari penganiayaan dan pekabaran Injil oleh Rasul-Rasul sehingga geraja purba mengalami ledakan pertambahan jiwa. Orang-orang Kristen yang tersebar tersebut merupakan orang-orang yang telah dibebaskan dari cara hidup yang sia-sia, orang-orang yang dulunya bukan umat Allah namun sekarang telah menjadi umat Allah.

 Pemahaman

  1. Rasul Petrus menyebut orang-orang yang menerima suratnya dengan sebutan apa? (ay 2) mengapa demikian?
  2. Apa tujuan Rasul Petrus menyebut mereka sebagai umat pilihan Allah?

 Dalam bacaan kita, khususnya ayat dua, kita menemukan fakta besar yang sangat membanggakan dalam kehidupan orang Kristen. Apa saja fakta tersebut :

Pertama : Bahwa orang Kristen adalah umat pilihan Allah dulu orang Israel disebut sebagai umat pilihan Allah, akan tetapi bangsa Israel gagal memenuhi rencana Allah karena ketika Allah mengutus anakNya ke dalam dunia mereka menolak dan menyalibkanNya. Semua hak istimewa yang dulu pernah menjadi milik Israel sekarang menjadi milik gereja Kristen, itu merupakan kasih karunia Allah.

Kedua : Bahwa orang Kristen dipilih untuk dikuduskan oleh Roh, bagi orang Kristen Roh Kudus sangatlah penting dalam setiap langkah dan setiap bagian kehidupan kristianinya. Roh Kudus yang membangunkan kerinduan kita kepada Allah. Yang membimbing kita pada salib dimana dosa-dosa kita diampuni dan memampukan kita untuk membebaskan diri dari dosa-dosa, memampukan kita untuk membebaskan diri dari dosa-dosa.

Ketiga : Bahwa orang Kristen dipilih untuk taat kepada Yesus dan menerima percikan darahNya. Maksud Allah dalam memanggil orang-orang Kristen menjadi umat pilihan adalah untuk menguduskan hidup orang-orang Kristen lewat percikan darah Kristus agar mereka bersih dari dosa-dosa masa lalunya dan dapat mempersembahkan masa depannya dalam ketaatan kepada Allah. Kita patut bersyukur kepada Tuhan karena telah memilih kita sebagai umatNya.

REFLEKSI
Ambillah saat hening untuk merenungkan beberapa hal di bawah ini:

  1. Sadarkah saudara, bahwa saudara telah dipilih menjadi umat pilihan Allah?
  2. Sadarkah saudara bahwa kita punya satu pribadi yaitu Allah Roh Kudus, yang membimbing hidup saudara?
  3. Sudahkan saudara taat kepada perintah-perintah Tuhan?

REKADKU
Ya Tuhan, saya berterima kasih kepada Mu, karena Engkau telah memilih saya sebagai umat pilihan Mu, bimbinglah hidup saya untuk selalu taat kepadaMu.

Tindakan
Saya harus belajar bersyukur kepada Tuhan karena telah memilih saya menjadi umat pilihan Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«