suplemenGKI.com

MANFAAT FIRMAN  

Mazmur 19:8-9

 

PENGANTAR
Semboyan 4 M populer di masa pandemi:  memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.  Pemerintah melalui aparat yang berwenang berupaya menegakkan pelaksanaan 4 M dengan tujuan agar masyarakat mempunyai kepatuhan dan kedisiplinan menjaga kesehatan diri, sehingga dengan demikian lingkungannya pun menjadi sehat.   Sama halnya dengan pengalaman pemazmur yang mengingatkan manfaat atau pentingnya patuh dan taat kepada Taurat Tuhan.  Apa alasan pemazmur mengingatkan hal tersebut?  Mari kita merenungkan!

PEMAHAMAN

  • Hal apa saja yang pemazmur alami tentang Taurat Tuhan? (ayat 8, 9)
  • Apa yang menjadi sumber pengalaman pemazmur? (ayat 8-9)
  • Pernahkah saudara berpengalaman seperti pemazmur?

Merujuk pada pengalaman pemazmur, ketaatan terhadap Taurat Tuhan berhubungan dengan bagaimana manusia dapat menikmati hidup.  Pemazmur menemukan adanya kebahagiaan dalam perenungan dan ketaatan pada Taurat Tuhan.  Bagi orang yang mau merenungkan dan memberlakukan Taurat Tuhan akan memperoleh manfaat dalam hidupnya, sebagaimana pemazmur sendiri saksikan.  Pertama,  Menyegarkan Jiwa (ayat 8).  Taurat Tuhan bukan sekadar aturan tentang benar atau salah, tetapi  lebih dalam yaitu mengingatkan  hakekat manusia sebagai gambar Allah yang memiliki jiwa yang dapat merasakan kebahagiaan dalam relasi dengan Allah dan melakukan kehendak-Nya.  Di dalam Taurat Tuhan itulah kehendak-Nya dinyatakan.  Menjalankan kehendak Allah berdampak pada kesegaran jiwa sebab melakukan apa yang benar di hadapan-Nya.

Kedua,   Memberi Hikmat (ayat 8b).  Hikmat berhubungan dengan pengambilan keputusan. Bukan apa yang menyenangkan menurut manusia, tetapi terutama apa yang berkenan bagi Allah. Kebenaran Firman yang direnungkan dan dipegang ibarat pelita yang menuntun dan memperingatkan orang percaya bertindak yang menyukakan Allah (ayat 12).  Kita ingat tokoh Yusuf misalnya, dia adalah pribadi yang memiliki hikmat dan kecerdasan yang tinggi.  Apapun masalah yang ada ia tetap percaya bahwa Tuhan mereka-rekakan yang baik buat kehidupannya.  Semua itu Yusuf miliki karena relasinya dengan Allah, berpegang dan bertekad melakukan Taurat-Nya.  Ketiga, Menyukakan Hati (ayat 9).  Artinya ada kekuatan, semangat dan sukacita yang bersumber dari janji Allah melalui Firman-Nya.  Janji Allah memberikan pengharapan yang menguatkan.  Membaca dan merenungkan menjadi dasar keyakinan pemazmur akan penyertaan Tuhan walau dalam lembah kekelaman.

Tantangan kehidupan bisa berat atau ringan dalam kehidupan kita. Hati dan pikiran kita bisa sangat terganggu bila masalah yang kita hadapi tidak segera selesai.  Apa yang kita lakukan?  Apakah bergantung pada pengalaman dan pengertian diri kita sendiri?  Atau sebaliknya berharap kepada Tuhan di dalam doa dan berpegang pada janji Firman-Nya?  Pemazmur telah menentukan pilihannya, bergaul karib dengan Firman Tuhan yang memberinya kekuatan dan kesukacitaan hidup.  Mari meneladani sikap pemazmur agar manfaat firman Tuhan juga menjadi bagian dalam hidup kita. 

REFLEKSI
Mari merenungkan: Kecintaan dan kepatuhan kepada Firman Tuhan akan menyegarkan jiwa, memberi hikmat dalam mengambil keputusan berdasarkan kehendak-Nya dan memberi semangat dan sukacita dalam menjalani kehidupan walau kita diijinkan melewati lembah persoalan. 

TEKADKU
Tuhan, tolonglah agar saat membaca dan merenungkan firman-Mu aku bukan hanya sekedar membaca tetapi berikan hikmat agar menemukan kebenaran-Mu yang aku pegang dan hidupi sehingga jiwa dan hatiku disegarkan dan kebenaran-Mu itu yang menuntunku dalam mengambil keputusan dalam hidupku. 

TINDAKANKU
Aku akan berusaha menyiapkan waktu, hati dan pikiran dengan lebih sungguh-sungguh saat membaca firman Tuhan agar lebih peka mendengar kebenaran firman yang Tuhan ingin aku lakukan dalam hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*