suplemenGKI.com

MELIHAT NAMUN TAK PERCAYA
Yohanes 5:39-47

 

Pengantar
Memegang suatu pendirian dengan teguh adalah baik, namun apa jadinya kalau yang dipegang teguh tidak dimengerti bahkan tidak diterapkan dengan baik. Dengan demikian maka pendirian orang tersebut tidak dapat kokoh, karena banyak hal yang tidak dimengerti dan dipahami. Seseorang yang ingin  pendiriannya kokoh, seharusnya ia mencoba untuk memahami apa-apa yang harus dipelajari dan dimengerti dengan baik. Sayangnya banyak orang yang sudah menganggap bahwa apa yang ia pegang sudah baik dan bahkan sempurna, sehingga orang-orang yang demikian sulit sekali untuk mendapatkan pembaharuan di dalam hidupnya.

Pemahaman

Ayat  39,        Apa yang Yesus katakan kepada orang-orang Yahudi tentang
pemahaman mereka terhadap Kitab-kitab Suci?

Ayat 40,         Apa yang dijelaskan Yesus tentang hidup kekal?

Ayat 41-44,   Reaksi apakah yang dimunculkan oleh orang-orang Yahudi terhadap
Yesus?

Ayat 45-47,   Apa yang dijelaskan oleh Yesus tentang hubungan Musa dengan Dia?

Tuhan Yesus mengingatkan kepada orang-orang Yahudi bahwa mereka sesungguhnya adalah orang-orang yang menyelidiki kitab-kitab suci yang dapat membawa mereka memiliki hidup kekal. Bahkan kitab-kitab suci itu memberikan kesaksian tentang Mesias atau Yesus Kristus. Namun orang-orang Yahudi tidak mau datang kepada Yesus serta tidak mau mengakui bahwa Yesus datang atas nama BapaNya. Mereka lebih senang mencari hormat manusia daripada hormat Tuhan.

Tuhan Yesus memberitahukan kalau mereka mempercayai Musa seharusnya mereka juga bisa percaya kepada Yesus, sebab Musa sendiri telah menyaksikan tentang Mesias.

Bagi Yesus seharusnya orang-orang Yahudi mempercayai apa yang mereka baca dari kitab-kitab suci, namun kalau mereka tidak mempercayai apa yang telah ditulisnya (kitab-kitab suci) maka mereka tidak akan percaya kepada Yesus, sekalipun mereka telah menyaksikan begitu banyak pekerjaanNya yang ajaib di dalam dunia ini. Mereka semua telah dapat melihat Yesus di dunia ini namun kebanyakan dari mereka  tidak mau percaya kepadaNya.

Maka Yesus mengingatkan kepada setiap orang yang percaya: Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

Refleksi
Mari kita merenungkan: Apakah kita semakin lebih mempercayai Tuhan Yesus di dalam kehidupan ini dibandingkan percaya kepada harta, kemampuan dan orang lain yang kita miliki.

Tekad
Ya Tuhan, seringkali kami menuntut Engkau membuktikan diriMu bahwa Engkau besertaku dalam menghadapi  persoalan-persoalan kami. Namun kami lupa bahwa sesungguhnya, kamilah yang melupakan Tuhan, tidak mempercayai Engkau telah menuntun kami semua. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakan
Hari ini belajar mempercayai Tuhan dalam semua aspek kehidupan ini, mulai bangun pagi, bekerja sampai tiba di rumah kembali.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«