suplemenGKI.com

Mazmur 95:6-7

BERIBADAH DENGAN TAKUT DAN HORMAT

 

Pengantar
Bagaimana rasanya jika kita tidak dihormati oleh orang lain? Bagaimana rasanya jika orang lain tidak peduli pada apa yang kita lakukan atau kerjakan padahal kita melakukannya untuk mereka? Siapapun manusianya pasti selalu ingin dihargai dan dihormati oleh orang lain. Dalam teks bacaan pemazmur menyampaikan nasihat tentang sikap yang benar dalam beribadah.

Pemahaman

Ayat 6-7               Mengapa pemazmur mengajak setiap orang berlutut dihadapan Allah?

Pemazmur menyampaikan bahwa ibadah harus dilakukan dengan kerendahan hati. Pernyataan  pemazmur yang mengajak umat untuk “…berlutut dihadapan Tuhan…” bernada simbolik untuk memperlihatkan kerendahan hati (ayat 6-7). Pemazmur mengajarkan umat pentingnya memiliki kerendahan hati saat beribadah kepada Allah. Kerendahan hati adalah tanda bahwa umat mengakui kebesaran Allah dan kemahakuasaan Allah. Terlebih dari itu semua kerendahan hati dalam beribadah memperlihatkan rasa takut dan hormat kepada Allah.

Sikap dalam ibadah sangat penting untuk diperhatikan. Banyak orang seringkali tidak memperlihatkan sikap yang benar dalam beribadah. Terkantuk-kantuk, sibuk dengan gadget, ngobrol, berkhayal dan lain sebagainya. Sikap semacam ini sering kita jumpai dalam ibadah-ibadah. Tanpa sadar hal itu memperlihatkan bahwa ibadah bagi sebagian orang hanya rutinitas.

Sikap ibadah yang benar harus dibangun. Tanpa sikap ibadah yang benar maka ibadah yang kita lakukan hanyalah rutinitas belaka.

Refleksi
Sudahkah kita beribadah dengan sikap yang benar? Sudahkah kita menghayati bahwa tanpa pimpinan dan pertolongan Allah sang Gembala yang agung kita tidak akan dapat menikmati apa apa?

Tekadku
Ya, Allah mampukan kami membangun sikap yang benar dalam beribadah. Tolong kami memiliki kerendahan hati dalam beribadah.

Tindakanku
Mempersiapkan diri sebelum ibadah dimulai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*