suplemenGKI.com

KAMIS, 23 MEI 2013

22/05/2013

MAZMUR 8

“TUHAN, SIAPAKAH AKU DIHADAPANMU?”

 

PENGANTAR
Ada seorang kecil yang tiap-tiap hari mengamen di pinggir jalan. Anak ini terlihat kumal dan kurus tanpa ayah dan ibu yang merawat. Suatu hari saat ia sedang mengamen, datanglah sebuah mobil mewah yang berhenti di depan anak itu. Lalu mengajak anak itu masuk ke mobil dan membawa ke rumahnya, serta mengangkat anak itu menjadi anak angkatnya. Rupanya pemilik mobil tersebut adalah seorang jutawan kaya dan dermawan. Sehingga anak itu berubah statusnya dari anak jalanan menjadi anak orang kaya.

PEMAHAMAN 
Apa yang membuat Pemazmur begitu kagum kepada Tuhan?
Bagaimana Allah membuat manusia menjadi begitu berharga di hadapanNya?
Mengapa Allah memberi kekuasaan kepada manusia?

Pemazmur mengawali ungkapannya dengan rasa kagum akan Allah. Pemazmur berkata “Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya namaMu di seluruh bumi! Kemudian dilanjutkan dengan ungkapan pengagungan bahwa Allah sebagai satu-satunya yang berkuasa di Sorga dan di bumi. Pemazmur menceritakan sederet perbuatan tangan Tuhan yang luar biasa. KekuasaanNya yang tidak terkalahkan oleh siapapun. Hanya ada satu kata “Allah luar biasa dalam karya-karyaNya”

Rasa kagum Pemazmur tidak hanya sampai disitu tapi rasa kagum yang paling besar muncul ketika melihat manusia yang Tuhan ciptakan sebagai makhluk yang paling mulia dari semua ciptaan yang ada.  Manusia diciptakan dengan sangat bernilai karena ia diciptakan segambar dengan Allah.

Pemazmur sadar bahwa manusia seharusnya tidak lagi berharga di hadapan Tuhan karena manusia penuh dengan keterbatasan dan dosa, tetapi Tuhan telah mengangkat manusia menjadi pribadi yang berharga, dimahkotai dengan keagungan dan kehormatan bahkan manusia diberi kepercayaan untuk berkuasa atas alam raya dan seluruh ciptaan (segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya).

Jika demikian tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memuliakan dan mengagungkan Tuhan yang Maha Besar. Pemazmur kembali mengakhiri ungkapannya dengan berkata “Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi!” Tuhan Maha Besar, Allah yang Maha Tinggi terpujilah Engkau atas perbuatan-perbuatanMu yang ajaib.

REFLEKSI
Renungkan: Betapa berharganya Anda dihadapan Tuhan karena diciptakan segambar dan serupa dengan Dia. Apakah Anda sudah melihat diri Anda sedemikian berharga? Adakah sikap/kebiasaan hidup kita yang tidak menunjukkan bahwa kita menghargai kehidupan yang Tuhan berikan?

TEKADKU
Ya, Tuhan, hari ini saya berjanji untuk lebih berusaha menjalani hidup saya berharga sebagaimana Engkau memandangnya bagiku. Demikian pula saya akan menghargai orang lain karena mereka juga Engkau pandang berharga. Dengan demikian aku memuliakanMu Sang Penciptaku. Amin.

TINDAKANKU
Tindakan yang menunjukkan bahwa aku menghargai hidupku, yaitu _______
Tindakan yang menunjukkan bahwa aku menghargai orang lain, yaitu ______

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»