suplemenGKI.com

Yesaya 9:1-6

“BERKAT TUHAN MENDATANGKAN SUKACITA DAN KEKAGUMAN”

 PENGANTAR

Firman Tuhan ini disampaikan pada waktu kerajaan Yehuda sedang menghadapi ancaman serangan dari Rezin (raja Aram) dan Pekah bin Remalya (raja Israel). Karena itulah, melalui Yesaya, Tuhan berusaha menguatkan hati Ahas, raja Yehuda.  Pengharapan akan terang setelah kekelaman pun muncul dalam nubuatan kitab Yesaya.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 1: Apa yang akan dialami oleh bangsa yang besar (Israel) yang selama ini berjalan dalam kegelapan?
  2. Ayat 5-6: Mengacu kepada siapakah terang yang dimaksud di ayat 1?
  3. Ayat 2-4: Perhatikan setiap analogi yang digunakan di ayat-ayat ini untuk membantu kita mendapatkan gambaran besarnya sukacita yang didatangkan Terang itu!

Penduduk kerajaan Yehuda digambarkan sebagai bangsa yang berjalan dalam kegelapan. Betapa tidak! Mereka sungguh berada dalam kegelapan: dipimpin oleh seorang raja yang jahat, yang langkah dan keputusannya dipandu oleh roh orang-orang mati, hidup dalam ketakutan dan kemelaratan, dan jauh dari pengharapan. Kepada bangsa yang seperti inilah janji Tuhan disampaikan. Akan datang terang besar (yang merupakan metafor dari tindakan Allah yang menyelamatkan), melalui raja-raja Yehuda yang berikutnya yang menuntun mereka mengenal Allah, dan kegenapan dari keselamatan ini puncaknya ada pada diri Yesus Kristus, Mesias yang dijanjikan.

Sukacita yang besar karena datangnya terang itu digambarkan dengan berbagai analogi yang memberi penekanan pada buah dari ketekunan/penantian mereka akan keselamatan itu tidak sia-sia, munculnya sorak-sorak, dan kelepasan dari beban, ancaman dan rasa takut. Itulah yang akan terjadi bila Tuhan bertindak menolong, bila Tuhan memberi kelepasan, bila Tuhan memberikan berkat. Semuanya menjadi sangat indah dan penuh pengharapan, dan ekspresi sukacita itu pun terbaca dengan baik.

 

REFLEKSI

Kapan terakhir kali Anda ‘masih bisa’ merasakan terpesona oleh berkatNya? Ataukah perasaan kagum dan terpesona atas berkatNya itu sudah lama menghilang dari hati kita karena satu dan lain hal? Kini, pikirkanlah bagaimana Anda menggambarkan sukacita yang Anda rasakan ketika menerima berkat dari Tuhan menurut versi Anda?

TEKADKU

Tuhan Yesus yang baik, berkatMu tidak pernah berhenti mengalir dalam hidupku. Namun tidak jarang saya menganggap itu semua menjadi terlalu biasa, hingga tak ada lagi ucapan syukur dan kekaguman yang berarti kepadaMu. Bahkan lebih dari itu terkadang saya merasa jauh dari berkatMu ketika melihat hidupku yang serba sulit. Hari ini melalui firmanMu, saya kembali meyakini bahwa pertolonganMu itu pasti ada. Amin

TINDAKANKU

Menguatkan seseorang yang Anda ketahui sedang dalam pergumulan tertentu, dengan cara membantunya melihat kebaikan Tuhan yang terjadi dalam hidupnya (yang mungkin tidak disadarinya karena terlalu terbebani dengan persoalan-persoalan hidupnya). Dengan melakukan ini semoga Anda juga makin peka menangkap kebaikan Tuhan atas hidup Anda dan bersyukurlah!

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«