suplemenGKI.com

Mazmur 34:16-23.

 

Pilihanku Adalah Berada Dalam Naungan Tuhan.

 

            Seorang theolog modern bernama David McCasland, menulis sebuah ungkapan dalam Our Daily Bread edisi 2003 silam. Ungkapan itu berbunyi “Anda tidak perlu tahu ke mana anda akan pergi, jika anda mengijinkan Allah memimpin langkah anda, jangan pernah ragu bahwa anda pasti akan sampai pada tujuan yang baik sesuai dengan kehendak Allah” Kalimat itu cukup menginspirasikan banyak orang ketika menentukan pilihan dalam hidupnya khususnya di masa-masa sulit. Terkadang pada kondisi-kondisi tertentu, seseorang merasa berada di persimpangan jalan dan menjadi bingung arah mana yang harus dipilih. Dalam kondisi demikian terkadang kita harus berdiam diri dan jangan melakukan keputusan tertentu tetapi membiarkan Tuhan mengarahkan kita pada sebuah pilihan yang dikehendaki-Nya. Adalah seorang Daud yang sedang berada dalam persimpangan jalan sehingga berpura-pura tidak waras. Tidak ada keputusan yang dia ambil, yang dia lakukan hanyalah memuji pada segala waktu dan pujian itu tetap di dalam mulutnya (maz 34:2) sebuah pernyataan yang menanti petunjuk Tuhan. Ketika dia melakukan itu maka Tuhan sendirilah yang menentukan pilihan baginya. Dan pilihan itu menjadi pilihan yang tepat baginya.

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apa yang terjadi dengan pemazmur sehingga ia harus berpura-pura tidak waras?
  2. Apa dampak ketika pemazmur memilih berlindung dalam naungan Tuhan?
  3. Terkadang kita berada di dalam situasi kondisi yang sulit, sampai kita tidak bisa menentukan pilihan sesuai dengan nalar kita. Apa yang harus kita lakukan dalam kondisi demikian?

 

Renungan:

            Mazmur 34 ini adalah di golongkan sebagai mazmur pujian-syukur kepada Allah, yang biasa dipakai dalam peribadatan di sinagoge-sinagoge ketika kegelisahan, penderitaan dan keputusasan melanda umat Tuhan, baik personal maupun komunal. Tujuan Mazmur pujian-syukur ini disampaikan adalah untuk memberikan sentuhan perenungan dan pengajaran tentang pengharapan kesejahteraan dan semangat umat kepada Allah. Ayat. 16-23 ini memaparkan bahwa ternyata kehidupan orang-orang beriman kepada Tuhan juga tidak kebal dari kemalangan dan penderitaan. Mereka juga dapat mengalami remuk jiwa dan patah hati (v. 19) Kondisi demikian terkadang memaksanya sampai menjadi seperti orang yang tidak waras. Itulah yang dialami Daud dalam konteks ini. Tetapi kondisi itu tidak membuat Daud kehilangan pegangan dalam hidupnya, sekalipun dikatakan bahwa hatinya patah jiwanya remuk itu hanya gambaran betapa berat kemalangan dan penderitaan yang di alaminya. Namun yang begitu luar biasa dari Daud adalah dalam kondisi sesulit apapun dia tetap mencari Tuhan, berseru kepada Tuhan dan memuji Tuhan dengan kata lain ia tetap takut akan Tuhan (v. 2-15) sebagai dampak dari sikap Daud yang tetap memilih untuk takut kepada Tuhan walaupun di tengah-tengah penderitaan dan kemalangan yang hebat, ia tetap merasakan mata Tuhan tertuju kepadanya, tetap merasakan pembelaan Tuhan, ia tetap merasakan Tuhan dekat kepadanya (v. 16-23)

            Saudara terkadang kita pun bisa berada dalam kondisi kemalangan dan penderitaan yang hebat, sampai seakan-akan kita tidak sanggup lagi menanggungnya. Bahkan terkadang kita seolah seperti orang yang tidak waras karena beban berat yang menekan hidup kita. Tetapi kita boleh belajar dari pemazmur Daud, yang tetap mempertahankan hidup takut akan Tuhan, tidak tergoda untuk menodai diri dengan rayuan-rayuan dunia yang palsu. Kita harus tetap sadar bahwa ada Tuhan Yesus yang selalu siap menolong kita apapun keadaan kita, asal kita tetap menjaga hidup takut akan Dia. Hanya hidup takut akan Tuhan Yesuslah pilihan yang tepat ketika kita mengalami kemalangan dan penderitaan berat. Kita tidak perlu tahu bagaimana cara Dia menuntun kita pada jalan keluar dari penderitaan itu, kita hanya cukup mengijinkan Dia menuntun langkah kita menuju kebebasan dan kemenangan, maka kita pasti akan mengalami kemenangan, itulah arti memilih hidup dalam naungan-Nya. Tuhan memberkati kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*