suplemenGKI.com

Filipi 2: 12-18

Berkaryalah Dalam Keselamatanmu 

                Bagian ini merupakan lanjutan dari perikop sebelumnya, dimana Paulus lebih menekankan bahwa jemaat Filipi diharapkan melanjutkan kesetiaan mereka dalam melayani karena Allah sendirilah yang akan menyokong mereka.

  1. Pada bagian ini, apa yang menjadi harapan rasul Paulus kepada jemaat Filipi?
  2. Apa nasihat Paulus bagi jemaat Filipi sebagai anak-anak Allah?
  3. Apa yang harus menjadi pegangan bagi jemaat Filipi?
  4. Apa yang dapat kita pelajari dari bagian ini? 

Renungan:

                Keteladan Kristus bukan hanya kerendahan hati, tapi juga ketaatanNya kepada rencana BapaNya. Jemaat Filipi dipanggil juga untuk tetap taat dan setia kepada Tuhan Yesus walaupun rasul Paulus tidak hadir di tengah-tengah mereka. Paulus menyakini bahwa Allah turut bekerja dalam kemauan maupun pekerjaan kita. Allah berkarya dalam diri orang percaya dengan memberikan kemauan dan kekuatan untuk melakukan apa yang berkenan kepadaNya. Oleh sebab itu orang yang percaya  melakukan segala sesuatu tidak dengan bersungut-sungut namun dengan sukacita, karena percaya bahwa Tuhan hadir dalam segala pekerjaannya/karyanya. Keselamatan yang mendatangkan hidup yang kekal sudah mereka terima, namun ketika mereka masih hidup di dalam dunia ini mereka dituntut untuk tetap memuliakan Tuhan melalui apa yang mereka kerjakan.

                Paulus mengingatkan bahwa orang yang percaya berstatus sebagai anak-anak Allah, yang senantiasa bercahaya bagi dunia ini. Paulus menjelaskan bahwa anak-anak Allah sedang hidup pada jaman yang bengkok hatinya dan sesat. Sebagai anak-anak Allah seharusnya dapat memberikan cahayanya bagi dunia yang hidup dalam kegelapan. Anak-anak Allah yang bercahaya bagi jamannya sangatlah penting supaya banyak orang yang dipersiapkan untuk berjumpa dengan Kristus di hariNya nanti. Mempersiapkan orang lain untuk berjumpa dengan Kristus itu adalah hal yang sangat penting maka orang yang percaya harus tetap berpegang pada Firman Kehidupan (Firman Tuhan).

                Oleh sebab itu Paulus rela bersusah-susah dalam pelayanannya, dengan tujuan supaya jemaat Filipi dapat dipersiapkan dengan baik untuk berjumpa dengan Kristus dan hal inilah yang menjadi sukacita Paulus. Karena Paulus sudah merasakan suka cita yang besar ini maka Paulus berharap sukacita ini juga dimiliki oleh jemaat Filipi, bukan hanya dimiliki sendiri namun juga boleh dibagikan kepada orang-orang yang ada disekitar mereka.

                Berkarya dalam keselamatan berarti membagikan karya keselamatan dari Tuhan kepada orang lain yang belum mendapatkannya. Berkarya dalam keselamatan membuat kita semakin bersukacita di dalam Tuhan, karena kita sedang mempersiapkan orang lain untuk berjumpa dengan Tuhan kita. Dengan berbuat demikian itu berarti kita juga mempersiapkan diri kita untuk berjumpa dengan Kristus pada hari Tuhan. Sudahkah kita berkarya dalam keselamatan yang telah kita terima dari Tuhan Yesus?

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*