suplemenGKI.com

Kamis, 22 Maret 2018

21/03/2018

Yohanes 12:12-16

SIAPA YESUS BAGI ANDA?

PENGANTAR
Tidak sedikit orang Kristen yang mengikut Yesus untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka sendiri: memperoleh mukjizat, sembuh dari penyakit, hidup yang makmur, dan sebagainya. Semua harapan itu melekat erat dengan pemahaman mengenai Yesus sebagai Juruselamat. Akibatnya, dalam kehidupan sehari-hari, kita lebih sering melihat orang-orang Kristen yang hanya berusaha mendapat keuntungan dari kuasa Yesus, dan bukan berusaha untuk mengerti dan melakukan kehendak-Nya. Pengikut-pengikut semacam ini adalah orang-orang yang pandai memperalat Yesus, namun tidak pernah sungguh-sungguh menyediakan diri untuk menjadi murid-Nya.

PEMAHAMAN

  • Siapakah orang-orang yang menyambut Yesus pada waktu itu? (ay. 12, lihat juga ay. 9 & 17).
  • Bagaimana cara mereka menyambut Yesus? (ay. 13). Apa yang mereka harapkan dari Dia?
  • Mengapa Yesus memilih keledai sebagai kendaraan-Nya masuk ke Yerusalem? (ay. 14-15)

Orang-orang yang menyambut Yesus pada waktu itu terdiri dari dua kelompok. Kelompok pertama adalah orang-orang yang datang untuk merayakan Paskah, perayaan kebebasan nenek moyang mereka dari kekuasaan bangsa Mesir (ay. 12). Kelompok kedua adalah orang-orang yang datang untuk melihat Lazarus yang telah dibangkitkan dari antara orang mati. Berita kebangkitan Lazarus telah menyebar ke berbagai penjuru dan menyebabkan banyak orang datang untuk membuktikan peristiwa itu dengan mata mereka sendiri. Dua kelompok yang menyatu ini memunculkan sebuah gagasan bersama: Yesus adalah Mesias yang penuh kuasa, yang akan membebaskan mereka dari penjajahan bangsa Romawi. Gagasan dan harapan itu diungkapkan dengan cara mereka menyambut Yesus (ay. 13). Sambil melambaikan daun palem dan menyanyikan Mazmur 118:26, mereka menyambut Yesus sebagai raja yang akan memberi kemerdekaan kepada mereka.

Bertolak-belakang dari harapan orang banyak, Yesus justru menampilkan diri-Nya sebagai Raja Damai. Karena itu, Yesus masuk ke Yerusalem dengan menunggang seekor keledai, lambang kelemahlembutan (ay. 15, lihat juga Za. 9:9). Sayangnya, orang banyak tidak dapat memahami apa yang Yesus lakukan. Mereka terlalu terpaku pada gagasan dan harapan mereka sendiri sehingga sulit untuk mengerti maksud dan kehendak Tuhan. Bagaimana dengan kita? Sebagai murid-murid Yesus di masa kini, apakah kita sudah menempatkan Dia di tempat yang tepat; bukan sekehendak kita sendiri, melainkan seperti yang dikehendaki-Nya. Ketidakpahaman para murid (ay. 16) sesungguhnya juga mewakili sikap para murid di masa kini.

REFLEKSI
Dalam kehidupan Anda sehari-hari, di manakah Anda menempatkan Yesus? Siapakah Yesus bagi Anda dan apa yang Anda harapkan dari-Nya.

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah agar memahami kehendak-Mu sehingga aku tidak lagi memperalat Yesus untuk memenuhi keinginan dan kebutuhanku saja.

TINDAKANKU
Dalam seminggu ini aku akan melakukan minimal dua hal yang selaras dengan misi Yesus sebagai Raja Damai, dan aku akan menjadi seorang pembawa damai melalui tindakan-tindakan itu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«