suplemenGKI.com

Sang Perantara

Ibrani 1:1-4

 

Pengantar
Pada tanggal 12 Januari 2016, Presiden Joko Widodo telah menunjuk mantan Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP sebagai Juru Bicara Presiden. Alasan Jokowi menunjuk Johan karena mantan Juru Bicara KPK itu memiliki pengalaman dalam bidang komunikasi. Fungsi juru bicara presiden adalah menyampaikan informasi-informasi mengenai kebijakan-kebijakan dan kegiatan organisasinya kepada publik, baik masyarakat maupun media massa.

Melalui seorang juru bicara presiden, masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengetahui segala hal yang terkait dengan Presiden. Bukan hanya Presiden yang memiliki jubir untuk menjadi perantara komunikasi. Ternyata Allah pun memiliki juru bicara yang menjadi perantara hubungan-Nya dengan manusia.  Marilah kita merenungkan hal ini.

Pemahaman
Ayat 1   : Bagaimana Allah berbicara pada zaman nenek moyang?
Ayat 2-4: Siapa yang Allah utus menjadi perantara pada zaman akhir ?

Di dalam Perjanjian Lama, Allah berbicara melalui perantaraan para nabi. Kita dapat melihat ketika Allah ingin berfirman kepada bangsa-Nya dan menyadarkan akan segala keberdosaan mereka, maka Allah mengutus hamba-Nya yakni para nabi. Namun pada masa Perjanjian Baru, peran nabi sudah berakhir, karena Allah tidak lagi berbicara melalui perantara nabi melainkan melalui Kristus, PutraNya yang tunggal.

Kristus bukan sekedar juru bicara biasa tapi sosok yang begitu mulia. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah; gambar wujud Allah.  Dia adalah pewaris dari segala yang ada bahkan oleh Dia, Allah menjadikan alam semesta. Dia pun duduk di sebelah kanan Allah Yang Maha Besar.  Dikatakan pula nama-Nya jauh lebih tinggi dari malaikat-malaikat. Kristus yang Agung diutus lebih dekat dengan kehidupan umat manusia.  Dia menjadi perantara yang begitu penting dan berharga. Karya-Nya sungguh berharga bagi Bapa apalagi bagi kita. Apakah semua orang di dunia ini telah merasakan karya Kristus yang mendekatkan Allah Bapa kepada manusia? Kini kita sudah tidak dapat menjumpai Kristus secara fisik, namun kita  juga bisa menjadi perpanjangan tangan Kristus. Kita bisa diutus dan dipakai Tuhan untuk menjadi perantara atau juru bicara yang memperkenalkan Allah dan Firman-Nya kepada umat manusia.

Refleksi
Lihatlah kumpulan surat Anda di rumah atau barang yang pernah Anda beli secara online. Adanya jasa pengiriman sebagai perantara membuat semua itu dengan cepat berada di tangan Anda. Apakah selama ini kita juga telah menjadi perantara yang memperkenalkan Allah yang penuh kasih kepada semua orang?

Tekadku
Tuhan, bantulah aku agar dapat menjalankan tugas sebagai sebagai perantara yang  memperkenalkan Engkau kepada orang banyak.

Tindakanku

Hari ini aku akan menceritakan kasih dan karya Tuhan kepada 1 orang teman  yang belum dekat dengan Tuhan agar dia dapat merasakan kebaikan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*