suplemenGKI.com

KASIH ITU PENUH KESABARAN

Mazmur 103: 6-8

 

Pengantar
Perjalanan hidup manusia tidaklah selalu lurus dan mulus. Terkadang kita diberi kesempatan untuk berada dalam perjuangan hidup yang berat di tengah persoalan, rintangan dan tantangan yang sewaktu-waktu menghadang. Apakah dalam kondisi yang berat dan sulit kita tetap teguh beriman kepada TUHAN? Apakah kita tetap sabar menanti pertolongan TUHAN? Terkadang iman kita lemah bahkan tak sedikit orang yang putus asa dan meninggalkan TUHAN karena kecewa. Bagaimanakah sikap TUHAN terhadap manusia yang lemah atau bahkan berulah pongah? Marilah kita merenungkannya. 

Pemahaman

  • Ayat 6 : bagaimanakah wujud  kebaikan TUHAN yang dirasakan orang-orang yang berada dalam kondisi tertindas?
  • Ayat 7:  apakah yang dilakukan TUHAN dalam perjalananan sejarah kehidupan bangsa Israel?
  • Ayat 8: Apakah yang disimpulkan Pemazmur ketika mengingat karya kebaikan TUHAN dalam perjalanan nenek moyangnya?

Mazmur hari ini adalah kelanjutan dari kemarin.  Kebaikan TUHAN  dirasakan Pemazmur  bukan saja pada saat kondisi hidup menyenangkan tapi juga saat hidup sulit, ditindas dan diperas. TUHAN menegakkan keadilan bagi umat yang berada dalam kesulitan. Bahkan di tengah kegalauan hati Israel dalam perjalanan di padang gurun, TUHAN menunjukkan kepada Musa, Sang Pemimpin Israel, jalan-jalan yang harus dilalui. Juga kepada umat, TUHAN menyatakan karya besar melalui pertolongan-pertolongan-Nya. TUHAN tidak membiarkan umat berjalan sendiri, Bahkan ketika umat memberontak dan kurang sabar menanti pertolongan TUHAN, Dia tetap sabar dan mengasihi umat. Kita mengingat bagaimana umat Israel tidak sabar menanti TUHAN menyatakan diri, lalu memberontak dengan membuat dan menyembah patung anak lembu emas  (Keluaran 32). Ini merupakan tindakan salah yang sungguh menyakiti hati TUHAN. Ini bukan pelanggaran yang sepele namun TUHAN mengampuni umat-Nya. Kasih-Nya yang besar menghapus dosa umat yang besar. Dia adalah TUHAN yang panjang sabar dan penuh kasih setia. Kasih setia-Nya kepada umat terus dilimpahkan walaupun umat tak selalu menyenangkan hatinya. Kasih sayangnya tak tergantung pada kondisi di sekitarnya. Dia tetap sabar dan tulus menyatakan kasih sayangnya kepada umat.

Ayat 8 menyatakan: “TUHAN adalah Allah yang penyayang dan pengasih, panjang sabar, dan berlimpah kasih setia”. Semua sifat yang menunjukkan kebaikan Allah ini ditujukan pada orang-orang yang berdosa (bdk. ayat 7). Kata “penyayang” lebih tepat diterjemahkan “berkemurahan” atau “berbelas-kasihan” .Orang yang bersalah atau bermasalah diberi perhatian dan pertolongan. Kata “pengasih” berarti “beranugerah”. Orang yang tidak layak justru diberi sesuatu yang berharga. “Panjang sabar” berarti tidak langsung menghukum. Allah mau menanti dan memberi kesempatan kedua. “Berlimpah kasih setia” mengaitkan kasih Allah dengan perjanjian. Dia setia pada perjanjian-Nya, walaupun bangsa Israel tidak setia. Di antara semua sifat di atas, yang terakhir (kasih setia) adalah yang paling dominan. Sifat ini muncul berkali-kali di bagian ini (ayat 8, 11, 17). Pelanggaran bangsa Israel tidak membatalkan kesetiaan Allah pada perjanjian-Nya. Bila TUHAN sedemikian baik dan sabar terhadap kita, layakkah kita meninggalkannya?  Apa pun yang terjadi dalam kehidupan ini, tinggikan dan muliakan TUHAN dengan setia beriman kepada-Nya. TUHAN mengajarkan kepada kita tentang kesabaran dan kasih yang tak mudah gugur. Sabarlah menanggung segala sesuatu.

Refleksi
Dalam keheningan, tarik dan hembuskan nafas dengan perlahan-lahan sambil mengingat kehadiran TUHAN yang penuh kesabaran. Setelah itu ingatlah kapan saja Saudara tak sabar dalam hidup beriman?  Apakah rintangan dan kesulitan yang ada di sekitar kita membuat kita tak sabar menantikan pertolongan TUHAN?

Tekadku
Ya TUHAN, tolonglah aku untuk selalu mensyukuri kesabaran dan kasih setia-Mu dengan belajar banyak bersabar dalam menghadapi kesulitan hidup.

Tindakanku
Aku akan menyatakan ucapan syukur kepada TUHAN bukan hanya dengan kata-kata tapi dengan kehidupan nyata yang selalu setia beriman dan mau berjalan bersama-Nya dalam segala keadaan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«